Monday 8th of July 2024
×

Renungan Saat Teduh Kristen Kamis 4 Januari 2024 : Menjaga Lisan dan Perbuatan

Renungan Saat Teduh Kristen Kamis 4 Januari 2024 : Menjaga Lisan dan Perbuatan

--

JEMBER - Tema yang sering muncul di Amsal adalah nasihat untuk menjaga perkataan kita, ulah bibir atau lidah kita. Fokus hari ini: Biarlah orang lain memuji kita, jangan kita memuji diri kita sendiri.

Saya mengenal seseorang yang banyak berbuat baik dalam masyarakat tetapi yang menjengkelkan justru dia menyombongkan perbuatannya setiapkali ia berbuat sosial. Dia memuji diri di depan umum. Apakah ia mungkin kuatir bahwa orang lain tidak akan melihat perbuatan baiknya?


Baca juga: Renungan Harian Kristen Hari Kamis 4 Januari 2024 : Bacaan Alkitab Yohanes 4 24 Bagaimana Menyembah Tuhan

Baca juga: Nonton The Last Immortal (2023) Episode 32-33 Sub Indo, Zhao Lusi Siap Beraksi Lagi Tayang Sore Ini!

Memang ada kalanya sulit untuk tidak memuji diri. Umpama, jika kita sedang diwawancarai untuk suatu pekerjaan dan calon bos kita bertanya: “Menurut Anda mengapa sebaiknya kami menerima Anda?”

Tentu kita tidak akan menjawab: “Ya, sebaiknya saya diterima karena kadang-kadang saya malas dan biasa terlambat masuk kerja”. Sebaliknya, kita pasti akan menyebutkan kekuatan dan sisi-sisi baik kita yang positif.

Baca juga: Nonton Marry My Husband (2024) Episode 3 Sub Indo, Park Min-young Berusaha Merubah Nasibnya

Sebenarnya masalah memuji diri sendiri mencerminkan pandangan kita terhadap diri sendiri. Sebagian orang memuji diri untuk menyombongkan dirinya. Kesombongannya, menurut Amsal, adalah dosa. Sebagian orang lain memuji diri karena mereka memiliki masalah dengan dirinya sendiri. Oleh karenanya, mereka ingin membesarkan diri agar memperoleh penghargaan dari orang lain.

Sumber:

UPDATE TERBARU