Wednesday 26th of June 2024
×

Siapa Sosok Truong My Lan? Inilah Pengusaha yang Korupsi 200 Triliun di Vietnam! Dipidana Hukuman Mati

Siapa Sosok Truong My Lan? Inilah Pengusaha yang Korupsi 200 Triliun di Vietnam! Dipidana Hukuman Mati

--

JEMBER - Nama Truong My Lan terus menarik perhatian lantaran dirinya yang kini melakukan korupsi besar-besaran di negaranaya, Vietnam. Korupsi sebesar 200 Triliun tersebut membuat Truong My Lan dijatuhi hukuman penjara 20 tahun hingga hukuman mati.

Siapakah Truong My Lan?


Truong My Lan sendiri merupakan sosok pemimpin dari Van Thinh Phat Holdings Group, yang jadi perusahaan pengembang properti. Dia dituduh melakukan penyelewengan uang dalam jumlah yang sangat besar dari Saigon Commercial Bank (SCB), di mana ia disebut sebagai pemegang mayoritas saham bank tersebut.

Lahir di Saigon, Vietnam pada tanggal 13 Oktober 1956, Lan berasal dari keluarga imigran Tionghoa. Menganai informasi masa kecilnya tidak banyak diketahui, namun menurut laporan dari berbagai sumber, Lan juga sempat berjualan aksesoris di sebuah pasar di Distrik 5 Kota Ho Chi Minh.

Baca juga: Sinopsis dan Link Nonton Anime Kaiju No. 8 (2024) Full Episode Sub Indonesia, Ketika Dunia Dipenuhi Para Monster

Baca juga: Link Streaming Raw After WrestleMania 40: Kembalinya Aksi Petarung yang Mendebarkan!

Pada tahun 1992, Lan akhirnya mendirikan Van Thinh Phat Limited Liability Company, yang awalnya pasa saat itu bergerak di bidang perdagangan, restoran, dan hotel. Perusahaan kemudian melakukukan perluasan bisnisnya ke sektor real estat, yang diyakini tumbuh pesat berkat hubungan politiknya.

Dalam beberapa tahun, Lan kemudian memperoleh beberapa properti paling berharga di kota tersebut, termasuk beberapa di Nguyen Hue Boulevard, salah satu jalan termahal di Asia. Dia akhirnya juga mendapatkan dukungan politik dengan menjadi sponsor yang aktif dalam berbagai inisiatif kota besar.

Pada tahun 2007, Lan lantas mendirikan Van Thinh Phat Group (VTP Group Holdings) dengan modal dasar 6 triliun VND, dimana Lan memiliki 80 persen saham.

Baca juga: Link Streaming Raw After WrestleMania 40: Kembalinya Aksi Petarung yang Mendebarkan!

Sumber:

UPDATE TERBARU