Monday 8th of July 2024
×

Renungan Harian Saat Teduh Kristen Minggu 31 Desember 2023 : Doa sebagai Prioritas Utama Yesus

Renungan Harian Saat Teduh Kristen Minggu 31 Desember 2023 : Doa sebagai Prioritas Utama Yesus

--

Renungan Harian Saat Teduh Kristen Minggu 31 Desember 2023

Markus 1:35 menyediakan sebuah catatan tentang bagaimana doa menjadi langkah pertama Yesus untuk memulai harinya. Markus 1:35 berbunyi “Pagi-pagi benar, waktu hari masih gelap, Ia bangun dan pergi ke luar.

Ia pergi ke tempat yang sunyi dan berdoa di sana.” Konteks bagian itu adalah setelah Yesus mengadakan pelayanan dan penyembuhan atas diri orang banyak.


Baca juga: TERBARU! Info Jadwal Kapal Pelni Rute Jakarta - Ambon Januari 2024, Ada KM Gunung Dempo Hingga KM Nggapulu

Baca juga: Bacaan Injil Katolik Sabtu 30 Desember 2023 : Bacaan Injil Markus 2: 23-28 Tentang Kehidupan Bermasyarakat

Setelah sore / malam hari yang sibuk, Yesus bangun pagi-pagi untuk berdoa. Simon dan kawan-kawannya yang menyusul, berkata kepada-Nya, “Semua orang mencari Engkau” (Markus 1:37). Kata yang digunakan untuk “menyusul” adalah katadioko.

Mengomentari kata ini di dalam Markus 1:37, David E. Garland menyatakan, “The verb suggests they (the disciples) have engaged in a urgent manhunt for Jesus.“. Di tengah kesibukan pelayanan yang dijalani-Nya, Yesus tidak menunggu waktu yang longgar untuk berdoa, ia dengan sengaja mencari waktu untuk berdoa.

Baca juga: Renungan Harian Kristen Sabtu 30 Desember 2023 : Mengikuti Jejak Kristus dalam Penderitaan

Prioritas utama Yesus untuk berdoa ini, telah menjadi suatu kebiasaan di dalam pelayanan Yesus. Lukas 5:16 mencatat “But Jesus often withdrew to lonely places and prayed (NIV).”

Konteks Luk 5:16 adalah hampir serupa dengan Markus 1:35 bahwa ditengah-tengah kesibukan yang dilakukannya, secara sengaja Yesus menarik diri untuk berdoa. William Barclay menyatakan bahwa karena Yesus tahu bahwa esok harinya akan berhadapan dengan orang-orang Farisi dan Saduki, maka Yesus berdoa. Lebih lanjut Barclay menjelaskan, “Kasih yang terpancar dari mata Allah mengimbangi segala kebencian yang berasal dari mata manusia.“

Sumber:

UPDATE TERBARU