Friday 5th of July 2024
×

Download Modul Ajar Matematika SD Fase C Kelas 5 File PDF, Belajar Jadi Makin Mudah dan Seru!

Download Modul Ajar Matematika SD Fase C Kelas 5 File PDF, Belajar Jadi Makin Mudah dan Seru!

--

JEMBER - Modul ajar merupakan salah satu perangkat ajar, berupa dokumen yang berisi tujuan, langkah, dan media pembelajaran, serta asesmen yang dibutuhkan dalam satu unit/topik berdasarkan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP). Modul ajar serupa dengan RPP atau lesson plan yang memuat rencana pembelajaran di kelas.

Jika satuan pendidikan menggunakan modul ajar yang disediakan pemerintah, maka modul ajar tersebut dapat dipadankan dengan RPP Plus, karena modul ajar tersebut memiliki komponen yang lebih lengkap dibanding RPP. Jika satuan pendidikan mengembangkan modul ajar secara mandiri, maka modul ajar tersebut dapat dipadankan dengan RPP.


Baca juga: Perdana! Nonton Drakor The Impossible Heir (2024) Episode 1 Sub Indo, Asal Usul dan Flashback Tokoh Kang In-ha

Baca juga: Nonton Drama China Dream (2024) Episode 13 dan 14 Sub Indonesia, Rilis Resmi di iQIYI!

Tujuan Pengembangan Modul Ajar

Pengembangan modul ajar bertujuan untuk menyediakan perangkat ajar yang dapat memandu guru melaksanakan pembelajaran. Dalam penggunaannya, guru memiliki kemerdekaan untuk:

Memilih atau memodifikasi modul ajar yang sudah disediakan pemerintah untuk menyesuaikan dengan karakteristik murid, atau Menyusun sendiri modul ajar sesuai dengan karakteristik murid.

Kriteria yang harus dimiliki modul ajar adalah:

  • Esensial: pemahaman konsep dari setiap mata pelajaran melalui pengalaman belajar dan lintas disiplin.
  • Menarik, bermakna, dan menantang: menumbuhkan minat belajar dan melibatkan murid secara aktif dalam proses belajar; berhubungan dengan pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki sebelumnya sehingga tidak terlalu kompleks, namun juga tidak terlalu mudah untuk tahap usianya.
  • Relevan dan kontekstual: berhubungan dengan pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki sebelumnya, serta sesuai dengan konteks waktu dan lingkungan murid.
  • Berkesinambungan: keterkaitan alur kegiatan pembelajaran sesuai dengan fase belajar murid.

Baca juga: Maliki Andrizal Meninggal Dunia Kenapa? Ucapan Duka Penuhi Beranda Medsos

Sumber:

UPDATE TERBARU