Sunday 6th of October 2024
×

Renungan Harian Katolik Hari Ini, 1 Januari 2024: Bacaan Untuk Mengucap Syukur Momen Tahun Baru

Renungan Harian Katolik Hari Ini, 1 Januari 2024: Bacaan Untuk Mengucap Syukur Momen Tahun Baru

--

Baca juga: Top Lagu Viral Tiktok Minggu Ini 1-7 Januari 2024, Beserta DJ Jedag Jedug Rimex! Paling Langganan FYP Nih

Baca juga: Penurunan ke Level E, Baca Webtoon Returned by the King Chapter 4 Bahasa Indonesia, Semua Karena Salah Perhitungan


Baca juga: Jadwal Kapal KM Dharma Rucitra 7 Bulan Januari 2024 & Harga Tiket Terlengkap : Perjalanan Dimulai Dari Surabaya – Labuan Bajo

Kemudian romo itu menjelaskan bahwa patung Maria yang benar adalah Maria yang menggendong bayi Yesus. Mau Maria kelihatan tua, jelek atau cantik, menginjak ular atau menginjak trenggiling, sejauh dia bersama dengan Yesus, itu adalah Maria yang kita imani, yang Gereja imani.

Dalam Bacaan Injil hari ini kita mendengar bahwa Maria “menyimpan segala perkara itu di dalam hatinya dan merenungkannya”. Yang disimpan dan direnungkannya adalah apa yang terjadi pada dirinya berkaitan dengan bayi Yesus.

Seputar kelahiran bayi Yesus terdapat banyak hal yang tidak dimengerti Maria, namun ia tidak mengumbarnya, justru menyimpan dalam hati dan merenungkannya.

Di hari pertama setiap awal tahun, Gereja merayakan Maria Bunda Allah. Ada banyak studi dan diskusi mengenai hal ini. Ada yang keberatan, ada yang menentang, dan ada yang mempermasalahkannya.

Dari abad keempat sampai hari ini, perdebatan mengenai gelar Maria sebagai Bunda Allah bisa terus berlangsung. Namun Gereja Katolik Roma secara definitif memberi gelar Theotokos kepadaMaria sejak abad ke empat. Apa dan bagaimana gelar itu, kita bisa mencari info secara pribadi.

Lepas dari berbagai macam perdebatan, yang jelas bagi kita adalah bahwa bayi Yesus lahir dari kandungan Maria. Dengan demikian, secara manusiawi kita menyatakan bahwa Maria adalah ibu Yesus.

Sumber:

UPDATE TERBARU