Friday 5th of July 2024
×

Sinopsis Novel Ronggeng Dukuh Paruk, Telah Diadaptasi Menjadi Film Berjudul Darah dan Mahkota Ronggeng Serta Sang Penari

Sinopsis Novel Ronggeng Dukuh Paruk, Telah Diadaptasi Menjadi Film Berjudul Darah dan Mahkota Ronggeng Serta Sang Penari

--

JEMBER – Pada artikel berikut ini adalah informasi mengenai sinopsis novel Ronggeng Dukuh Paruk yang tengah menjadi perbincangan hangat berbagai kalangan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Apakah kamu gemar membaca? Novel bisa menjadi salah satu pilihan untuk mengisi kekosongan waktumu. Tak hanya itu, saat ini sudah tersedia berbagai jenis genre novel yang bisa kamu sesuaikan dengan preferensi pribadimu.


Untuk kemudahan membaca pun, saat ini sudah tersedia novel digital yang bisa diakses dengan gampang melalui beberapa aplikasi HP atau pun PC. Demi kenyamanan, banyak pula aplikasi yang bisa diakses secara gratis seperti Wattpad dan lainnya.

Baca juga: [Free] Download dan Baca Novel Pick Me Up Infinite Gacha! Bahasa Indonesia Full Chapter PDF Tanpa Login dan Koin

Baca juga: Baca Novel Kekuatan Harvey York untuk Bangkit Bab Lengkap PDF Gratis, Mengambil Kekuasaan yang Hilang

Detail Novel Ronggeng Dukuh Paruk

Novel Ronggeng Dukuh Paruk pertama kali diterbitkan tahun 1982 dalam bentuk trilogi, yaitu Catatan Buat Emak, Lintang Kemukus Dini Hari, dan Jantera Bianglala. Setahun kemudian, novel ini diadaptasi ke dalam film Darah dan Mahkota Ronggeng dengan sutradara Yazman Yazid dan dibintangi Ray Sahetapy dan Enny Beatrice.

Pada tahun 2003, Gramedia Pustaka Utama menerbitkan trilogi ini menjadi satu novel dengan judul Ronggeng Dukuh Paruk. Penerbitan ulang ini disertai penyertaan bagian-bagian yang sempat disensor. Hingga tahun 2012, versi baru novel ini telah dicetak ulang sebanyak sembilan kali.

Sumber:

UPDATE TERBARU