Monday 1st of July 2024
×

Jurnal Refleksi Aksi Nyata Modul 1.1 Calon Guru Penggerak, Filosofi Pemikiran Ki Hajar Dewantara

Jurnal Refleksi Aksi Nyata Modul 1.1 Calon Guru Penggerak, Filosofi Pemikiran Ki Hajar Dewantara

--

JEMBER - Informasi berikut ini akan kami sajikan pembahasan terkini untukmu yang mencari Jurnal Refleksi Aksi Nyata Modul 1.1 yang diperlukan untuk pemenuhan tugas Calon Guru Penggerak. Dalam pembahasannya akan berhubungan dengan Filosofi Pemikiran Ki Hajar Dewantara.

Untuk mengetahui informasi lengkapnya, langsung saja simak pembahasan berikut ini dengan mengetahui detail-detail yang disajikan di dalamnya.


Baca juga: Nonton Film Vivamax Himas (2024) Sub Indo Full Movie, Sahara Bernales dan Felix Roco Tampil Ganas!

Baca juga: Nonton Film The Tearsmith Full Movie Sub Indonesia, Adaptasi Novel Erin Doom Rilis di Netflix

Calon guru penggerak memulai pendidikan guru penggerak dengan mempelajari modul 1 sub modul 1.1 yaitu mengenai Pilosofi Pemikiran Ki Hajar Dewantara tentang pendidikan.

Jurnal Refleksi Aksi Nyata Modul 1.1

Berikut ini disajikan contoh jurnal refleksi dua mingguan modul 1.1 mengenai Filosofi Pemikiran Ki Hajar Dewantara tentang Pendidikan.

  1. Facts (Peristiwa)

Setelah mempelajari modul 1.1 tentang pilosofi pemukiran Ki Hajar Dewantara tentang Pendidikan dengan alur MERDEKA, yakni:

  1. Mulai dari Diri

Pada kegiatan ini, penulis melakukan refleksi diri tentang sejauh mana penulis memahami dan mengenal pemikiran KHD.

Pada tahap ini penulis membuat sebuah refleksi tentang perbedaaan Pendidikan dan pengajaran. Selain itu penulis juga membuat relevansi pemikiran KHD dengan konteks Pendidikan saat ini. Dan penulis membuat sebuah refleksi apakah penulis merasa sudah melaksanakan pemikiran KHD dan memiliki kmerdekaan dalam menjalankan aktivitas sebagai guru.

  1. Eksplorasi Konsep

Pada kegiatan eksplorasi konsep penulis belajar memahami pentingnya menjalankan Pendidikan yang menyenangkan dan berpihak pada murid sehingga murid mendapatkan

keselamatan dan kebahagian yang setinggi-tingginya baik sebagai manusia maupun sebagai anggota masyarakat.. Pada tahap ini penulis memulainya dengan mengamati potret Pendidikan

pada zaman colonial hingga kini, potret Pendidikan Indonesia ejak zaman colonial, kerangka pemikiran KHD, asas Pendidikan KHD, dasar-dasar Pendidikan yang menuntun, kodrat alam dan kodrat zaman, budi pekerti, interpretasi pemikiran KHD, dan penugasan (refleksi diri).

Sumber:

UPDATE TERBARU