Wednesday 3rd of July 2024
×

Jurnal Refleksi Aksi Nyata Modul 1.1 Calon Guru Penggerak, Filosofi Pemikiran Ki Hajar Dewantara

Jurnal Refleksi Aksi Nyata Modul 1.1 Calon Guru Penggerak, Filosofi Pemikiran Ki Hajar Dewantara

--

Baca juga: Nonton Drama Thailand We Are (2024) Episode 2 Sub Indo dan Jadwal Tayang, Pasang Alarm Biar Gak Ketinggalan!

Disini penulis belajar mengenai mewujudkan pemikiran KHD tentang Pendidikan yang menuntun dan berpihak pada murid dengan mempertimbangkan kodrat alam dan kodrat zaman, bagaimana gambaran proses pembelajaran yang mencerminkan pemikiran KHD.

  1. Koneksi Antar Materi

Pada kegiatan koneksi antar materi yang sudah penulis pelajari mulai dari modul 1.1, Tugas dibagian ini adalah menjawab kaitan peran pendidik dalam mewujudkan filosofi pendidikan Ki Hadjar Dewantara dan profil pelajar Pancasila pada murid-murid.

 

1. Aksi nyata

Kegiatan aksi nyata berisi pemahaman penulis tentang Modul 1.1. yang diterapkan secara nyata dengan melakukan proses Pendidikan yang menuntun dan menyenangkan serta berpihak pada murid.

  1. Feelings (Perasaan)

Setelah mempelajari Modul 1.1 dan mengikuti serangkaian kegiatan baik belajar secara mandiri maupun diskusi secara virtual, akhirnya penulis dapat memahami bagaimana merumuskan visi guru penggerak. Selama penulis mempelajari modul tersebut, ada tantangan tersendiri yang penulis rasakan.

Penulis merasa sangat tertantang dengan melihat waktu pengerjaan dan pengiriman tugas-tugas yang diberikan disela kesibukan penulis sebagai guru di sekolah. Selain merasa tertantang, penulis juga merasa senang karena dapat melakukan berkolaborasi dengan rekan CGP lain. 

Adanya tantangan dan senang ini tentu memberikan semangan tersendiri bagi penulis, karena bagaimanapun penulis dapat mempelajari materi visi guru penggerak yang cukup mencerahkan dan menginspirasi bagi penulis dalam mempraktikan di sekolah.

  1. Findings (Pembelajaran)

Pada Modul 1.1 ini penulis dapat mempelajari dan memahami bahwa dalam memimpin perubahan positif harus berpikir strategi dan memahami inquiri apresiatif sebagai paradigma.

  1. Future (Penerapan)

Setelah mempelajari serta memahami materi dalam Modul 1.1. tentang visi guru penggerak, sebagai guru tentu penulis akan berusaha menggunakan metode pembelajaran yang tepat dan menarik bagi anak anak sehingga anak anak mampu menguasai materi pembelajaran dengan baik. 

Itu dia pembahasan sekilas mengenai Jurnal Refleksi Aksi Nyata Modul 1.1 Calon Guru Penggerak. Semoga bermanfaat.

 

Sumber:

UPDATE TERBARU