Monday 8th of July 2024
×

Contoh Skema Daur Fosfor Dengan Gambar Siklus Lengkap Dengan Penjelasannya

Contoh Skema Daur Fosfor Dengan Gambar Siklus Lengkap Dengan Penjelasannya

--

JEMBER -  Siklus fosfor adalah salah satu bagian dari siklus biogeokimia yang mengalir dari komponen abiotik ke biotik dan kembali lagi ke abiotik. Keberadaan daur ini sangat diperlukan untuk kelestarian makhluk hidup dalam ekosistem di Bumi.

Namun biasanya penjelasan skema daur fosfor dapat dipermudah dengan tampilan gambar siklusnya. Selengkapnya bisa cek informasinya di sini.


Baca juga: Kapan Tiket Kereta Api Tambahan Lebaran Gelombang Ke 2 Dibuka? Ambil Slot Untuk Mudik, Ya!

Dalam pembahasan proses daur biogeokimia, skema daun fosfor menjadi salah satu hal yang penting dipelajari. Hal ini karena senyawa dalam kehidupan sehari-hari yang sulit untuk ditemui namun mempunyai peran yang sangat luar biasa.

Adapun siklus biogeokimia meliputi siklus air, siklus sulfur (belerang), siklus nitrogen, siklus karbon, dan siklus fosfor.

Baca juga: Baca Manhwa Please Notice Jasmine! Chapter 23 Bahasa Indonesia, Ada Outoor Event Antara Jasmine dan Richard

Baca juga: Spoiler & Baca Manhwa Please Notice Jasmine! Ch 24 Sub Indo RAW, Date Berdua di Taman!

Siklus biogeokimia berfungsi untuk mengembalikan unsur-unsur kimia yang telah dipakai oleh seluruh komponen di bumi baik itu biotik maupun abiotik. Dengan begitu, kelangsungan hidup di bumi akan terjaga.

Contoh Skema Daur Fosfor

Perlu diketahui bahwadalam membran sel karena memiliki peran dalam transfer energi. ketika proses respirasi sel dan asam nukleat sehingga fosfor termasuk dalam komponen yang penting.

Baca juga: Nonton EXchange Season 3 Episode 12 Sub Indo Lengkap dengan SPOILER, Catat Jadwal Tayangnya Disini!

Di dalam kehidupan fosfor memiliki peran penting sebagai nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk tumbuh. Hal tersebut dikarenakan fosfor bisa mempengaruhi sel yang sedang berkembang dan sebagai kunci dari molekul komponen lipid yang menyimpan banyak energi.

Penjelasan mudahnya bisa lihat gambar berikut.

Skema yang disusun berdasar gambar di atas sebagai berikut.

Fosfor di bebatuan mengalami pelapukan → lalu dibawa oleh air dan sebagian tersimpan dalam tanah → di serap oleh tumbuhan → tumbuhan dimakan oleh hewan herbivora → hewan herbivora mengeluarkan feses yang mengandung fosfor → feses tersebut menjadi partikel organik dari proses penguraian (detritus) → dimakan oleh organisme pengurai (detritivor) → menjadi fosfor dalam tanah → terbawa oleh air → diserap oleh bebatuan → ulangi dari atas

Baca juga: Sinopsis Drama Malaysia Andai Itu Takdirnya (2023), Cerita Rumit Tentang Dendam Istri Sah ke Pelakor!

Dampak Aktivitas Manusia pada Siklus Fosfor

Sejumlah aktivitas manusia seperti penggunaan pupuk, eutrofikasi buatan, dan lainnya memiliki dampak besar pada siklus fosfor. Misalnya penggunaan pupuk fosfor untuk meningkatkan tingkat fosfor dalam tanah.

Terlalu sering menggunakan pupuk akan mengurangi kesuburan tanah dan juga berbahaya bagi mikroorganisme yang ada di dalam tanah. Ketika ini hanyut ke aliran air terdekat, mereka berbahaya bagi kehidupan akuatik.

Baca juga: Modul Ajar Matematika SMP Fase D Kelas VIII Full Download PDF, GRATIS!

Baca juga: Soal Ulangan Harian Getaran, Gelombang dan Bunyi Kelas 8 Lengkap Dengan Kunci Jawabannya, Ayo Belajar!

Siklus fosfor terdiri dari berbagai proses kimia, biologi dan mikrobiologi, yang semuanya terjadi dalam jangka waktu yang lama. Proses seperti pelapukan pada siklus ini bahkan membutuhkan waktu ratusan tahun untuk diselesaikan. Hal ini membuat siklus fosfor dianggap sebagai salah satu siklus biogeokimia paling lambat.

Nah, itu dia pembahasan sekilas mengenai skema daur fosfor dan penjelasannya. Semoga bermanfaat.

Sumber:

UPDATE TERBARU