Friday 5th of July 2024
×

Soal Ulangan Harian Getaran, Gelombang dan Bunyi Kelas 8 Lengkap Dengan Kunci Jawabannya, Ayo Belajar!

Soal Ulangan Harian Getaran, Gelombang dan Bunyi Kelas 8 Lengkap Dengan Kunci Jawabannya, Ayo Belajar!

--

JEMBER – Dalam pembahasan berikut ini akan kami sajikan informasi untukmu yang ingin mengetahui pembahasan terkait soal ulangan harian getaran, gelombang dan bunyi kelas 8 lengkap dengan kunci jawabannya.

Baca juga: Sinopsis Drama Malaysia Andai Itu Takdirnya (2023), Cerita Rumit Tentang Dendam Istri Sah ke Pelakor!


Getaran, gelombang, dan bunyi merupakan fenomena alam yang saling berkaitan. Getaran dapat menghasilkan gelombang, dan gelombang dapat menghasilkan bunyi.

Getaran adalah gerak bolak-balik suatu benda secara periodik. Periodik artinya gerak tersebut berulang secara teratur dalam selang waktu tertentu.

Getaran dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti gaya, tarikan, atau tekanan. Misalnya, getaran yang terjadi pada bandul disebabkan oleh gaya gravitasi bumi. Getaran yang terjadi pada dawai gitar disebabkan oleh gaya tarikan senar.

Baca juga: Download Modul Ajar PJOK SD Kelas 5 Kurikulum Merdeka PDF Full Akses Gratis! Pelajaran Olahraga Makin Menyenangkan

Baca juga: Modul Ajar Matematika SMP Fase D Kelas VIII Full Download PDF, GRATIS!

Gelombang adalah perambatan energi dari satu titik ke titik lainnya. Energi tersebut dapat berupa energi listrik, energi suara, energi panas, atau energi lainnya. Bunyi adalah gelombang longitudinal yang merambat melalui medium gas, cair, atau padat. Bunyi dapat dihasilkan oleh berbagai benda yang bergetar.

Getaran, gelombang, dan bunyi merupakan fenomena alam yang saling berkaitan. Getaran dapat menghasilkan gelombang, dan gelombang dapat menghasilkan bunyi. Gelombang bunyi memiliki berbagai sifat yang dapat dimanfaatkan dalam berbagai bidang kehidupan.

Soal Getaran, Gelombang dan Bunyi Kelas 8

1.Sebuah ayunan matematis melakukan 8 getaran selama 10 detik. Berapakah periode getaran ayunan tersebut per detik?

  1. 1,80 
  2. 1,25
  3. 1,20
  4. 0,80

Jawaban: B

Sumber:

UPDATE TERBARU