Friday 5th of July 2024
×

Skema Daur Fosfor dan Penjelasannya, Siklusnya Punya Peran yang Sangat Luar Biasa!

Skema Daur Fosfor dan Penjelasannya, Siklusnya Punya Peran yang Sangat Luar Biasa!

--

JEMBER -  Dalam pembahasan proses daur biogeokimia, skema daun fosfor menjadi salah satu hal yang penting dipelajari. Hal ini karena senyawa dalam kehidupan sehari-hari yang sulit untuk ditemui namun mempunyai peran yang sangat luar biasa.

Baca juga: Contoh Skema Daur Fosfor Dengan Gambar Siklus Lengkap Dengan Penjelasannya


Baca juga: Tiket Kereta Api Tambahan Lebaran Gelombang Ke 2 Lengkap Dengan Rute dan Jadwal, Ayo Pesan Buat Mudik!

Siklus fosfor adalah salah satu bagian dari siklus biogeokimia yang mengalir dari komponen abiotik ke biotik dan kembali lagi ke abiotik. Keberadaan daur ini sangat diperlukan untuk kelestarian makhluk hidup dalam ekosistem di Bumi.

Adapun siklus biogeokimia meliputi siklus air, siklus sulfur (belerang), siklus nitrogen, siklus karbon, dan siklus fosfor.

Siklus biogeokimia berfungsi untuk mengembalikan unsur-unsur kimia yang telah dipakai oleh seluruh komponen di bumi baik itu biotik maupun abiotik. Dengan begitu, kelangsungan hidup di bumi akan terjaga.

Sekilas tentang fosfor

Perlu diketahui bahwadalam membran sel karena memiliki peran dalam transfer energi. ketika proses respirasi sel dan asam nukleat sehingga fosfor termasuk dalam komponen yang penting.

Di dalam kehidupan fosfor memiliki peran penting sebagai nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk tumbuh. Hal tersebut dikarenakan fosfor bisa mempengaruhi sel yang sedang berkembang dan sebagai kunci dari molekul komponen lipid yang menyimpan banyak energi.

Dua bentuk senyawa yang sering ditemui di alam adalah:

Senyawa Fosfat Organik

Merupakan suatu senyawa fosfat yang terdapat dalam komponen penyusun makhluk hidup seperti manusia, hewan, serta tumbuhan.

Senyawa Fosfat Anorganik

Merupakan suatu senyawa fosfat yang dapat ditemukan dalam berbagai benda mati di lingkungan sekitar seperti tanah, air, serta bebatuan.

Baca juga: Link Nonton Anime Tsuki ga Michibiku Isekai Douchuu Season 2 Episode 8 Sub Indo: Dua Bersaudari Cantik yang Terkenal Buruk

Sumber:

UPDATE TERBARU