Sunday 6th of October 2024
×

Updara Labuhan Merapi 2024, Tradisi Rutin Peringati Kenaikan Tahta Sultan Hamengkubuwono X

Updara Labuhan Merapi 2024, Tradisi Rutin Peringati Kenaikan Tahta Sultan Hamengkubuwono X

--

JEMBER - Gunung Merapi, gunung berapi aktif yang menjulang tinggi di perbatasan Jawa Tengah dan Yogyakarta, tak hanya menyimpan kekayaan alam, tetapi juga budaya dan tradisi yang unik. Salah satu tradisi yang masih dilestarikan hingga saat ini adalah Upacara Adat Labuhan Merapi.

Upacara Labuhan Merapi merupakan tradisi turun-temurun Keraton Yogyakarta yang diselenggarakan setiap tanggal 30 bulan Rajab. Tahun ini, Labuhan Merapi jatuh pada tanggal 11-12 Februari 2024. Upacara ini merupakan bentuk penghormatan kepada Gunung Merapi dan rasa syukur atas limpahan berkah dari Sang Pencipta.

Baca juga: Nonton Anime Ninja Kamui (2024) Episode 2 Sub Indo Link Gratis LEGAL! Tekat Higan Untuk Hancurkan Bos Ninja

Baca juga: Sosok Riris Riska Diana Selebgram Cantik Istri Dadan Tri Yudianto yang Terseret Kasus Suap MA, Riris: KPK Jahat Jaksa Gila!

Upacara Labuhan Merapi 2024 diawali dengan serah terima ubarampe (perlengkapan) dari Keraton Yogyakarta kepada Juru Kunci Gunung Merapi pada tanggal 11 Februari. Ubarampe tersebut kemudian dibawa ke petilasan Mbah Maridjan di Kinahrejo dan diinapkan semalam.

Pada tanggal 12 Februari, ubarampe dibawa ke Bangsal Sri Manganti di Gunung Merapi untuk prosesi labuhan. Upacara ini dipimpin oleh Juru Kunci Gunung Merapi dan dihadiri oleh Sultan Hamengkubuwono X, para abdi dalem Keraton Yogyakarta, dan masyarakat sekitar.

Baca juga: Anime Overflow Bakal Lanjut Season 2 ? Ketahui Fakta Sebenarnya Tentang Anime Harem yang Satu Ini!

Baca juga: Dadan Tri Yudianto Tendang Pintu Usai Dituntut 11 Tahun Penjara Perkara Suap, Istri Menangis Histeris!

Sumber:

UPDATE TERBARU

© 2022. All Right Reserved.