Monday 8th of July 2024
×

Download Modul Ajar Kelas 8 Kurikulum Merdeka Semester 2 T.A 2024/2025, Langsung Unduh Sekarang!

Download Modul Ajar Kelas 8 Kurikulum Merdeka Semester 2 T.A 2024/2025, Langsung Unduh Sekarang!

--

JEMBER - Kehadiran modul ajar pada kegiatan belajar dapat membantu siswa dalam memahami materi tertentu. Adapun modul ajar adalah pedoman berbentuk buku, presentasi digital, atau jenis bahan ajar lainnya yang disusun secara terstruktur dan menarik untuk kegiatan belajar siswa.

Jika satuan pendidikan menggunakan modul ajar dari pemerintah, maka bisa dipadankan dengan RPP plus. Hal ini karena modul ajar tersebut memiliki komponen yang lebih lengkap dari RPP.


Baca juga: Update Jadwal Sholawat Habib Syech Bulan Februari 2024! Catat Tanggalnya, Apakah Kotamu Salah Satunya?

Baca juga: Jawaban TTS Pekerjaan Apa yang Nggak Pernah Bikin Orang Tersenyum Adalah? Gak Disangka Ternyata Ini!

Tujuan Pengembangan Modul Ajar

Pengembangan modul ajar bertujuan untuk menyediakan perangkat ajar yang dapat memandu guru melaksanakan pembelajaran. Dalam penggunaannya, guru memiliki kemerdekaan untuk:

Memilih atau memodifikasi modul ajar yang sudah disediakan pemerintah untuk menyesuaikan dengan karakteristik murid, atau Menyusun sendiri modul ajar sesuai dengan karakteristik murid.

Kriteria yang harus dimiliki modul ajar adalah:

Esensial: pemahaman konsep dari setiap mata pelajaran melalui pengalaman belajar dan lintas disiplin.
Menarik, bermakna, dan menantang: menumbuhkan minat belajar dan melibatkan murid secara aktif dalam proses belajar; berhubungan dengan pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki sebelumnya sehingga tidak terlalu kompleks, namun juga tidak terlalu mudah untuk tahap usianya.
Relevan dan kontekstual: berhubungan dengan pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki sebelumnya, serta sesuai dengan konteks waktu dan lingkungan murid.
Berkesinambungan: keterkaitan alur kegiatan pembelajaran sesuai dengan fase belajar murid.

Baca juga: Siapa Itu Elvara Lutvi Caliva Viral Tiktok? Tiktokers Cantik yang Ramai Dibahas : Usia, Asal Daerah Hingga Akun IG

Sumber:

UPDATE TERBARU