Monday 8th of July 2024
×

Apakah Pekerjaan Samuel Wilson? Sosok yang Jadi Simbol Amerika Serikat Paling Populer

Apakah Pekerjaan Samuel Wilson? Sosok yang Jadi Simbol Amerika Serikat Paling Populer

--

Baca juga: Sesuatu yang Menjadi Tumpuan Berpendapat Jawabannya Adalah? Rupanya Ini Jawaban nya yang Tepat!

Samuel Wilson adalah seorang pengemas daging dari Troy, New York yang memasok daging sapi bagi Angkatan Darat Amerika Serikat selama perang di tahun 1812.


Samuel saat itu berkongsi dengan Elbert Anderson salah seorang kontraktor militer. Mereka memberi cap pada tong daging dengan tulisan "EA-US".

Pada akhir 1860-an dan 1870-an, kartunis politik Thomas Nast (1840-1902) mulai memopulerkan gambar Paman Sam. Nast terus mengembangkan citra pria itu, hingga akhirnya memberi Sam janggut putih dan setelan bintang dan garis.

Namun, gambar Paman Sam yang paling terkenal bisa jadi adalah yang dibuat oleh seniman James Montgomery Flagg (1877-1960). Dalam versi tersebut, Paman Sam mengenakan topi tinggi dan jaket biru dan menunjuk lurus ke depan ke arah pemirsa. 

Baca juga: Unsur Kimia dengan Nomor Atom 33 Apa Ya? Salah Satu Metaloid! Berikut Penjelasan Lengkapnya

Baca juga: Download Buku PJOK Kelas 5 Kurikulum Merdeka Semester Ganjil Genap, Unduh Gratis PDF Disini

Selama Perang Dunia I, potret Paman Sam hasil karya Flagg yang disertai dengan tulisan “I Want You For The US Army” digunakan sebagai poster perekrutan militer AS.

Gambar yang kemudian menjadi begitu populer itu pertama kali digunakan pada sampul majalah Leslie's Weekly pada Juli 1916 dengan judul “Apa yang Anda Lakukan untuk Kesiapsiagaan?” 

Poster tersebut didistribusikan secara luas dan kemudian digunakan kembali berkali-kali dengan keterangan yang berbeda. Pada September 1961, Kongres AS mengakui Samuel Wilson sebagai “leluhur simbol nasional Amerika Paman Sam”. Wilson meninggal dunia di usia 87 tahun pada 1854.  Dia dimakamkan di sebelah istrinya, Betsey Mann, di Pemakaman Oakwood di Troy, New York.

Sumber:

UPDATE TERBARU