Friday 5th of July 2024
×

Bapak Sejarah Merupakan Julukan Untuk Siapa? Ternyata Ini Dia Sosok Pencetusnya! Cek Asal Usulnya Yuk

Bapak Sejarah Merupakan Julukan Untuk Siapa? Ternyata Ini Dia Sosok Pencetusnya! Cek Asal Usulnya Yuk

--

JEMBER - Sejarah adalah kejadian pada masa lampau yang berkaitan dengan kehidupan manusia. Tetapi, apakah kamu pernah berpikir jika siapa orang pertama yang mengkaji sejarah secara komprehensif? Yap, jawabannya adalah Herodotus yang mendapat julukan bapak sejarah dunia.

Dalam buku Pengantar Ilmu Sejarah (2017) yang ditulis oleh Heryati bahwa kata "sejarah" ini berasal dari bahasa Melayu yang menyerap kata syajarah dari bahasa Arab yang berarti pohon, keturunan, asal- usul, silsilah.


Baca juga: 5 Rekomendasi Bot AI di Telegram untuk Matematika, Solusi Mudah Untuk Tugas Matematika yang Susah dan Bikin Pusing!

Baca juga: Bacaan Renungan Harian Katolik Rabu 24 Januari 2024 : Kisah Teladan dari Keluarga Matatias

Herodotus adalah pionir sejarah Yunani kuno, seorang pria yang sering bepergian dan menulis kisah-kisah luar biasa tentang masa lalu. Kontribusi terbesarnya terhadap sastra Yunani adalah serangkaian buku berjudul The Histories, yang diterbitkan pada abad ke -5 SM.

Proyek ambisius yang monumental ini menampilkan peristiwa nyata sepanjang sejarah, termasuk kehidupan raja dan ratu, pertempuran terkenal, dan topografi geografis. 

Menyusul kesuksesan The Histories, penulis Yunani Marcus Tullius Cicero menjuluki Herodotus sebagai “Bapak Sejarah”, dan nama tersebut telah melekat selama berabad-abad.

Baca juga: Catat! Jadwal Kajian Ustadzah Halimah Alaydrus Februari 2024 di Jakarta dan Sekitarnya, Siraman Rohani Adem yang Bikin Nagih

Sumber:

UPDATE TERBARU