Monday 8th of July 2024
×

Bapak Sejarah Merupakan Julukan Untuk Siapa? Ternyata Ini Dia Sosok Pencetusnya! Cek Asal Usulnya Yuk

Bapak Sejarah Merupakan Julukan Untuk Siapa? Ternyata Ini Dia Sosok Pencetusnya! Cek Asal Usulnya Yuk

--

Selain itu, Herodotus juga dikenal karena kisah-kisahnya yang penuh warna dan terkadang sulit dipercaya, sehingga membuat banyak orang mempertanyakan keandalannya sebagai seorang sejarawan. Beberapa dongeng paling terkenal dari Histories Herodotus, termasuk ular terbang dan semut pembunuh unta.

Pemberian gelar ini tentu bukan tanpa alasan. Karena, Herodotus diklaim sebagai orang pertama yang mampu mengakumulasi data-data sejarah secara runtut, jelas, dan sistematis. Bahkan, dirinya mampu untuk melakukan proses validitas terhadap data-data sejarah dan menyusunnya secara naratif.


Karena hidup di masa-masa sebelum Masehi, maka kisah hidup dari Herodotus ini cenderung masih sangat minim sekali. Berbeda dengan kisah hidup dari beberapa filsuf terkenal Yunani Kuno, seperti Aristoteles, Socrates, hingga Plato yang lengkap dan didokumentasikan dalam buku-buku sejarah.

Baca juga: Download Game Neet and Angel Mod APK Terbaru 2024, Permainan Simulasi Dewasa yang Paling Banyak Diburu Warganet!

Baca juga: Nomor WA Baim Wong Asli 2024 Terbaru yang Bisa Kamu Hubungi, Kirim Pesan Chat di Sini Buat Curhat

Herodotus sering disebut sebagai Bapak Sejarah karena karya rintisannya dalam mencatat dan menganalisis peristiwa sejarah. Dia menulis The Histories, sebuah catatan komprehensif tentang Perang Yunani-Persia dan dampaknya, yang dianggap sebagai karya sejarah pertama dalam sastra Barat.

Herodotus adalah sejarawan pertama yang menyelidiki dan mencatat peristiwa secara sistematis, melakukan wawancara dengan saksi mata, dan berupaya memverifikasi fakta melalui pemeriksaan silang dan pembuktian. 

Namun, Herodotus juga dikritik oleh beberapa orang sezamannya karena terlalu percaya diri dan menerima desas-desus dan rumor. Faktanya, salah satu julukan terkenalnya adalah "bapak kebohongan", sebuah julukan yang kemungkinan besar diberikan kepadanya oleh para pengkritiknya yang menuduhnya membumbui atau mengarang beberapa cerita dalam karyanya. 

Baca juga: Download Game Mecha Colosseum Mod Apk v1.4.1 Unlimited Money Versi Terbaru 2024, Mainkan Sekarang Gratis

Terlepas dari kritik tersebut, kontribusi Herodotus dalam bidang sejarah tidak dapat disangkal. Dia menetapkan standar untuk penyelidikan dan dokumentasi peristiwa sejarah yang cermat yang telah memengaruhi sejarawan selama berabad-abad.

Sumber:

UPDATE TERBARU