Sunday 6th of October 2024
×

Jadwal Sembahyang Hindu di Bulan Januari 2024, Cek Info Lengkapnya Disini!

Jadwal Sembahyang Hindu di Bulan Januari 2024, Cek Info Lengkapnya Disini!

--

Jadwal Sembahyang Hindu Januari 2024

5 Januari 2024, Hari Bhatara Sri
Rerainan Bhatara Sri merupakan hri pemujaan terhadap Bhatara Sri Rambut Sedana. Hari Bhatara Sri merupakan Hari Raya yang jatuh berdasarkan wuku Merakih bertemu Sapta Wara Sukra (Jumat) dan Pancawara Umanis.

9 Januari 2024, Kajeng Kliwon Uwudan
Kajeng Kliwon merupakan salah satu rerainan Umat Hindu di Bali. Kajeng Kliwon Uwudan merupakan Kajeng Kliwon yang jatuh setelah terjadinya Purnama.


9 Januari 2024, Anggara Kasih Kulantir
Rerainan Anggara Kasih Kulantir jatuh saat pertemuan antara Saptawara yakni Anggara, Pancawara yaitu Kliwon, dan wuku Kulantir. Pada saat rerainan ini, Umat Hindu melakukan pemujaan terhadap Bhatara Mahadewa yang merupakan penguasa arah.

Baca juga: Update Jadwal Kapal Dharma Lautan Utama Januari 2024 Terbaru Lengkap Dengan Cara Pesan dan Harga Termurahnya

Baca juga: Link Nonton Donghua Swallowed Star Season 3 Episode 25 Sub Indonesia Lengkap Dengan Spoiler dan Jadwal Rilisnya yang Seru

9 Januari 2024, Hari Siwa Ratri
Umat Hindu memaknai Hari Siwaratri sebagai momen atau malam yang baik untuk introspeksi diri dengan melakukan meditasi dan merenungkan segala dosa untuk masa depan yang lebih baik. Pada Hari Siwaratri, Umat Hindu memuja Tuhan dalam manifestasinya sebagai Sang Hyang Siwa.

10 Januari 2024, Tilem
Umat Hindu melaksanakan persembahyangan untuk memohon ketekunan persembahan dan pemujaan dengan memuja Sang Hyang Surya saat Hari Tilem setiap malam waktu bulan mati (Krsna Paksa).

Dilakukan juga upacara persembahyangan untuk memohon anugerah dengan menyucikan diri lahir batin dan menghaturkan yadnya ke hadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa.

15 Januari 2024, Soma Umanis Tolu
Soma Umanis Tolu merupakan salah satu rerainan Umat Hindu di Bali. Pada rerainan ini, biasanya Umat Hindu melakukan pemujaan terhadap Bhatara Bhatari di merajan atau paibon.

24 Januari 2024, Kajeng Kliwon Enyitan
Kajeng Kliwon Enyitan biasanya dilaksanakan setelah bulan mati. Hari suci Kajeng Kliwon dirayakan setiap 15 hari sekali yang dibedakan menjadi tiga bagian dan Kajeng Kliwon Enyitan merupakan salah satunya.

Baca juga: Daftar Film Bioskop Bulan Januari Tahun 2024 dan Jadwal Tayang, Mulai dalam Negeri hingga Luar Negeri!

24 Januari 2024, Buda Kliwon Gumbreg
Buda Kliwon Gumbreg merupakan rerainan yang jatuh setiap enam bulan sekali. Rerainan ini merupakan pertemuan antara saptawara Buda, pancawara Kliwon, dan wuku Gumbreg. Pada Buda Kliwon Gumbreg, Umat Hindu melakukan pemujaan terhadap Sang Hyang Ayu atau Sang Hyang Nirmala Jati untuk memohon keselamatan serta anugerah yang melimpah.

25 Januari 2024, Purnama
Melansir laman Kabupaten Buleleng, Hari Purnama jatuh setiap malam bulan penuh (Sukla Paksa). Umat Hindu memuja Sang Hyang Chandra pada hari ini.

Sumber:

UPDATE TERBARU