Monday 8th of July 2024
×

Kapan Hari Raya Kuningan di Bulan Maret 2024? Umat Hindu Siap Siap dan Jangan Lupa Dicatat!

Kapan Hari Raya Kuningan di Bulan Maret 2024? Umat Hindu Siap Siap dan Jangan Lupa Dicatat!

--

JEMBER - Galungan adalah suatu upacara sakral yang memberikan kekuatan spiritual agar mampu membedakan dharma (kebenaran) dan adharma (kejahatan), juga merupakan simbolis bahwa manusia selalu dapat menegakkan dharma di atas adharma. Hari Raya Galungan juga merupakan hari di mana umat Hindu memperingati terciptanya alam semesta beserta seluruh isinya.

Untuk tanggal peringatan Hari Raya Galungan dan Kuningan 2024 di dan dispensasi hari liburnya bagi umat Hindu di Bali telah ditetapkan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali. Lalu kapan hari raya kuningan dilaksanakan di bulan Maret 2024?


Baca juga: Download Lagu MP3 DJ TikTok Terbaru Full Album 2024 , Full Jedag Jedug Bikin Kontenmu Langsung FYP!

Baca juga: Link Nonton Film Sinden Gaib (2024) Full Movie Viral, Sara Fajira Jadi Pelantaran Sinden yang Menghantui Desa

Rangkaian dilanjutkan dengan perayaan hari Raya Kuningan dilaksanakan sepuluh hari setelah hari Raya Galungan. Dalam perayaan Kuningan, terdapat berbagai simbol perang ditempatkan di bangunan-bangunan rumah seperti “tamiang, ter, dan endongan”.

Semua simbol dalam perayaan kuningan itu penting dimaknai dalam kehidupan kekinian. “Tamiang” sebagai simbol pertahanan, mengandung makna bahwa umat hendaknya selalu meningkatkan ketahanan diri dalam menghadapi tantangan hidup.

“Ter” simbol senjata perjuangan, sedangkan “endogan” simbol logistik. Atribut-atribut itu dipasang sebagai pertanda bahwa umat bertekad selalu menang melawan “musuh”. Dalam konteks kekinian, musuh-musuh itu adalah kegelapan, kebodohan, kemiskinan dan sebagainya. Kuningan dimaksudkan untuk memperkuat ketahanan diri, meningkatkan kecerdasan pikiran dan bekal hidup berupa ilmu pengetahuan.

Baca juga: Sinopsis Film Sinden Gaib (2024), Suara Merdunya Memikat Jiwa Wajahnya Menelan Nyawa!

Sumber:

UPDATE TERBARU