Wednesday 3rd of July 2024
×

P5 Adalah Kepanjangan Dari? Ini Dia Contoh Penarapannya Pada Siswa dan Guru Pada Kurikulum Merdeka!

P5 Adalah Kepanjangan Dari? Ini Dia Contoh Penarapannya Pada Siswa dan Guru Pada Kurikulum Merdeka!

--

Baca juga: 3 Body Problem (2024) Episode 1-8 Full Sub Indo Lengkap Dengan Akses Nontonnya, Benarkah Tuhan di Luar Angkasa?

Namun, dalam beberapa dekade terakhir, Indonesia telah meluncurkan serangkaian kurikulum baru, termasuk Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Kurikulum 2013 (K-13).

Apa itu Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) ?


P5 adalah yaitu pembelajaran lintas disiplin ilmu dalam mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitar untuk menguatkan berbagai kompetensi dalam Profil Pelajar Pancasila.

Sebuah projek adalah serangkaian kegiatan yang disusun untuk mencapai tujuan tertentu dengan cara memeriksa sebuah topik yang menantang.

Projek ini dirancang sedemikian rupa sehingga peserta didik dapat melakukan penyelidikan, menyelesaikan masalah, dan membuat keputusan.

Peserta didik bekerja dalam periode waktu yang telah dijadwalkan untuk menghasilkan produk atau tindakan. Berdasarkan Pedoman Kemendikbudristek Nomor 56 Tahun 2022, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) adalah sebuah kegiatan kokurikuler yang berfokus pada pendekatan proyek untuk memperkuat upaya dalam mencapai kompetensi dan karakter yang sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila yang didasarkan pada Standar Kompetensi Lulusan (SKL).

Baca juga: Sinopsis dan Link Nonton Drama Thailand Love Is Like A Cat (2024) Full Episode Sub Indonesia, Kolaborasi Mew Suppasit dan Geonu dan JM JUST B

Baca juga: Contoh Soal OSN IPA SMP 2024 Lengkap dengan Kunci Jawaban, Pelajari Materinya Sebelum Ujian!

Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dilakukan secara fleksibel dalam hal konten, kegiatan, dan waktu pelaksanaan.

Projek ini dirancang secara terpisah dari kurikulum inti. Tujuan, materi, dan aktivitas pembelajaran dalam projek tidak harus terkait langsung dengan tujuan atau materi pembelajaran dalam kurikulum inti.

Institusi pendidikan memiliki fleksibilitas untuk melibatkan masyarakat atau dunia kerja dalam perencanaan dan pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Sumber:

UPDATE TERBARU