Monday 8th of July 2024
×

Badai Siklon Tropis Akibat Munculnya 2 Bibit Siklon 91S dan 93P di Wilayah Indonesia

Badai Siklon Tropis Akibat Munculnya 2 Bibit Siklon 91S dan 93P di Wilayah Indonesia

--

JEMBER – Informasi pada kesempatan berikut ini berkaitan dengan cuaca di beberapa wilayah Indonesia. Akhir-akhir ini diketahui cuaca ekstrem banyak terjadi dan ternyata hal ini diakibatkan dari adanya badai siklon tropis yang berasal dari munculnya 2 bibit Siklon 91S dan 93P.

Bagi kamu yang ingin mengetahui informasi selengkapnya, langsung saja simak pembahasan yang kami sajikan di artikel berikut ini.


Baca juga: BPJS PBI APBD Berlaku Sampai Kapan? Ketahui Ketentuan dan Persyaratannya Juga

Baca juga: Profil Zhang Hongchao Pemilik Mixue yang Sukses Merajai Ruko Kosong, Ternyata Berasal dari Keluarga Sederhana

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mendeteksi kemunculan dua bibit siklon tropis 91S dan 93P di wilayah Indonesia.

Menurut Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto, Bibit Siklon Tropis 91S terpantau di Samudra Hindia bagian Tenggara, barat daya Banten, tepatnya di 13,3 derajat lintang selatan dan 105,6 bujur timur, dengan kecepatan angin maksimum 25-35 knots dan tekanan udara minimum 996 hPa bergerak ke arah Tenggara.

Sementara itu, bibit siklon tropis 93P masih terpantau di Teluk Carpentaria, selatan Papua, pada 11,4 derajat lintang selatan dan 138,6 derajat bujur timur dengan kecepatan angin maksimum 15 knots dan tekanan udara minimum 1005 hPa bergerak ke arah Timur - Tenggara.

Penyebab kemunculan bibit siklon tropis 91S dan 93P

Terkait kemunculan 91S dan 93P, Guswanto menjelaskan, ada beberapa faktor yang menyebabkan bibit siklon tropis atau siklon tropis terbentuk.

Pertama, bibit siklon tropis atau siklon tropis dapat terbentuk karena suhu permukaan laut minimal 26,5 derajat hingga ke kedalaman 60 meter.

Selain itu, terbentuknya bibit siklon tropis atau siklon tropis disebabkan oleh kondisi atmosfer yang tidak stabil yang memungkinkan terbentuknya awan Cumulonimbus.

Sumber:

UPDATE TERBARU