Monday 8th of July 2024
×

Pasang Surut Air Laut Hari Ini 3 Maret 2024 dari BMKG, Cukup Rendah! Kurang Cocok Untuk Mancing

Pasang Surut Air Laut Hari Ini 3 Maret 2024 dari BMKG, Cukup Rendah! Kurang Cocok Untuk Mancing

--

BISNIS - Melalui ulasan pembasan dibawah ini kami akan membagikan informasi terkait dengan pasang surut air laut hari ini, 3 Maret 2024. Supaya tidak ketinggalan untuk kalian yang bersiap memancing, simak selengkapnya dibawah ini. 

Ketika kita berkunjung ke pantai, sering kali kita disambut oleh pemandangan air laut yang sedang pasang atau surut. Fenomena alam ini, dikenal sebagai pasang surut, merupakan hasil langsung dari pengaruh gaya gravitasi yang diberikan oleh Matahari dan Bulan terhadap Bumi.


Ini merupakan salah satu contoh dinamis dari bagaimana gaya gravitasi dari objek-objek langit dapat mempengaruhi kejadian alam di planet kita.

Baca juga: Pasang Surut Air Laut Semarang Hari Ini, Info Resmi Dari Stasiun Maritim Tanjung Mas

Baca juga: Pengumuman CGP Angkatan 11 Lengkap Dengan Timelinenya, Tahap 2 Segera Dibuka!

Secara spesifik, pasang surut terjadi akibat tarikan gravitasi antara Bumi dengan Matahari dan Bulan, yang menyebabkan perubahan periodik pada ketinggian permukaan air laut. Dengan kata lain, pasang surut adalah gerakan naik turunnya air laut yang berulang.

Ketika air laut naik ke titik tertingginya, kita menyebutnya sebagai pasang, dan ketika air laut turun ke titik terendahnya, kita menyebutnya sebagai surut. Karena rotasi Bumi, setiap daerah di pesisir mengalami siklus pasang surut dua kali dalam sehari.

Jenis Pasang Surut Air Laut

Terdapat dua jenis utama pasang surut yang berbeda berdasarkan posisi relatif antara Bumi, Bulan, dan Matahari, yaitu pasang perbani dan pasang purnama:

1. Pasang Perbani

Terjadi ketika posisi Bumi, Bulan, dan Matahari membentuk sudut 90 derajat. Dalam kondisi ini, terjadi pasang naik yang tidak terlalu tinggi dan pasang surut yang relatif lebih tinggi dibandingkan biasanya. Fenomena ini berlangsung saat fase Bulan kuarter pertama dan ketiga.

2. Pasang Purnama

Terjadi saat Bumi, Bulan, dan Matahari berada dalam satu garis lurus. Kondisi ini menghasilkan pasang naik yang sangat tinggi dan pasang surut yang sangat rendah, terjadi pada fase Bulan baru dan purnama.

Manfaat Pasang Surut Air Laut

Pasang surut air laut tidak hanya menarik dari sisi ilmiah, tetapi juga memiliki manfaat praktis bagi kehidupan manusia, khususnya bagi mereka yang bergantung pada laut. Nelayan, misalnya, memanfaatkan ritme pasang surut untuk menentukan waktu terbaik untuk melaut dan menangkap ikan.

Baca juga: Pengumuman PPDB MAN 2 Kota Kudus 2024, Cek Juga Hasil Seleksi dan Syarat-Syarat Daftarnya

Sumber:

UPDATE TERBARU