Sunday 6th of October 2024
×

Pasang Surut Air Laut Semarang Hari Ini, Info Resmi Dari Stasiun Maritim Tanjung Mas

Pasang Surut Air Laut Semarang Hari Ini, Info Resmi Dari Stasiun Maritim Tanjung Mas

--

JEMBER – Sebagai negara kepulauan Indonesia memiliki banyak pantai. Sehingga mengetahui kapan pasang surut air laut termasuk penting untuk meningkatkan kewaspadaan.

Pada kesempatan berikut ini kami akan sediakan informasi untukjmu agar mendapatkan deskripsi terkini terkait pasang surut air laut semarang hari ini.


Baca juga: Cek Tabel Pasang Surut Air Laut Maret 2024 Wilayah Kalimantan, Potensi Laut Indonesia Gimana Ya?

Baca juga: Tabel Pasang Surut Air Laut 2024, Cek Mudah Dengan Aplikasi Terbaru!

Pasang dan surut air laut merupakan suatu peristiwa perubahan tinggi maupun rendahnya permukaan laut dikarenakan adanya gaya gravitasi benda astronomi, khususnya Matahari serta Bulan.

Peristiwa pasang adalah naiknya permukaan air laut, sementara surut merupakan turunnya permukaan air laut. Dikarenakan Bumi berotasi, maka dalam satu hari, suatu tempat akan mengalami dua kali peristiwa pasang dan surut air laut.

Tabel Pasang Surut Air Laut Wilayah Semarang 2024

Menurut Kementerian Kelautan dan Perikanan (2018), pasang surut merupakan penggambaran atas adanya fluktuasi dari muka air laut sebagai fungsi waktu yang disebabkan oleh adanya gaya tarik benda yang ada di langit, terutama dipengaruhi oleh adanya Matahari serta Bulan pada massa air laut yang ada di Bumi.

Jadi, pasang dan surut air laut adalah suatu fenomena alam yang berupa pergerakan air laut secara berkala, dimana fenomena pasang surut air laut tersebut disebabkan oleh adanya gaya gravitasi serta gaya tarik dan menari oleh benda-benda yang ada di langit terutama Matahari dan Bulan.

Sumber:

UPDATE TERBARU