Monday 8th of July 2024
×

Viral Istilah 'Ilmu Padi' di Medsos Terutama Tiktok, Apa Makna dan Juga Artinya? Ini Dia Asal Usulnya

Viral Istilah 'Ilmu Padi' di Medsos Terutama Tiktok, Apa Makna dan Juga Artinya? Ini Dia Asal Usulnya

--

JEMBER - TikTok adalah platform media sosial yang terkenal dengan tren dan tantangan viral. Baru-baru ini, ada sebuah frasa yang sedang menjadi viral di TikTok, yaitu "Tetap Ilmu Padi". 

Banyak pengguna TikTok yang menggunakan frasa ini dalam konten-konten mereka, namun apa sebenarnya makna di balik frasa yang sedang ramai dibicarakan ini?


Para pengguna media sosial, termasuk Instagram dan X, kini tengah ramai dengan istilah ‘Ilmu Padi’ dan ‘Manyala Abangku’. Bahkan, beberapa politisi turut menggunakan istilah viral ini sebagai bahan untuk bercanda atau meme.

Baca juga: Rekomendasi Baju Gamis Couple Ibu dan Anak Perempuan Terbaik 2024, Cocok Dipakai di Berbagai Acara Formal

Baca juga: Inspirasi Model Gamis Rompi Panjang Polos Terbaru 2024, Kini Gak Perlu Pake Outwear Buat Tampil Modis!

Ilmu Padi Menurut Islam

Penggunaan istilah ‘Ilmu Padi’ ini tidak hanya terbatas pada dunia olahraga, khususnya sepakbola atau futsal. Penggunaan yang berulang-ulang membuat frasa ‘Ilmu Padi’ merambah ke konteks yang lebih luas. Dalam Islam, konsep ini seringkali disebut sebagai tawadhu, sebuah sikap rendah hati dan kesadaran akan ketergantungan kepada Allah Swt.

Ilmu Padi, atau tawadhu, dalam Islam dianggap sebagai salah satu sifat yang sangat dihargai. Seseorang yang memiliki sikap tawadhu tidak hanya menjauhi sifat sombong dan angkuh, tetapi juga menghargai serta menghormati sesama. Dalam segala hal, tawadhu mengajarkan untuk merendahkan diri dan tidak memandang rendah orang lain.

Konsep Ilmu Padi ini mendapatkan dukungan dari ayat Al-Qur’an, seperti yang terdapat dalam surah Al Furqan ayat 63. Allah berfirman :

Baca juga: Update Paket Open Trip Labuan Bajo Bulan Februari 2024, Kisaran Harga Mulai 1 Jutaan Aja!

“Adapun hamba-hamba Tuhan Yang Maha Pengasih itu adalah orang-orang yang berjalan di bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang bodoh menyapa mereka (dengan kata-kata yang menghina), mereka mengucapkan ‘salam'” (QS. Al Furqan: 63).

Sumber:

UPDATE TERBARU