Sunday 6th of October 2024
×

Jadwal Jaranan Bulan Januari 2024, Sebuah Seni Budaya Jawa yang Masih Diminati Masyarakat! Catat Tanggalnya

Jadwal Jaranan Bulan Januari 2024, Sebuah Seni Budaya Jawa yang Masih Diminati Masyarakat! Catat Tanggalnya

--

Dalam perkembangannya, Tari Jaranan ini masih tetap hidup dan dilestarikan di beberapa daerah di Jawa Timur. Salah satunya adalah kabupaten Tulungagung yang menjadikan Tari Jaranan ini sebagai icon kebanggan mereka.

Itulah penggalan berjudul jaranan. Jaranan sendiri merupakan kesenian tradisional yang berasal dari Kediri. Meskipun berasal dari Kediri, nyatanya kesenian ini juga terkenal di beberapa kota lain di Jawa Timur, seperti Ponorogo, Tulungagung, Nganjuk, dan Banyuwangi.


Seni jaranan dikatakan berasal dari Kediri karena merunut pada sejarahnya. Ada banyak versi tentang sejarah seni jaranan. Salah satu yang berkembang di masyarakat ialah tentang pernikahan Dewi Sanggalangit dengan Klana Sewandana. Nah kali ini akan kami sampaikan soal Jadwal Jaranan di Kediri, Sabtu 6 Januari 2024 di bawah ini :

Baca juga: Link Nonton Film Pendidikan Pulang Tak Harus Rumah (2024) Full Movie HD Singgung Pentingnya Nilai Pendidikan Karakter

Baca juga: Nonton Donghua Battle Through the Heavens Season 5 Ep 80 Indonesia Simak Juga Spoiler dan Jadwal RIlisnya Biar Nggak ke Skip

Jadwal Jaranan Bulan Januari 2024

Menurut cerita para sesepuh Jathilan, ketika kuda dihayutkan (dilarung) di sungai maka kuda-kuda kepang tersebut akan bergerak di atas air layaknya kuda yang berlari di atas air. Setelah bergerak di atas air maka kuda-kuda tersebut akan tenggelam dan tidak pernah muncul lagi.

Sayangnya untuk jadwal jaranan di bulan ini belum ada informasi lanjutannya, namun kamu masih bisa mengupdate jadwal terbaru di akun https://www.tiktok.com/discover/jadwal-jaranan-januari-2024-di-banyuwangi atau platform lainnya.

Momen yang paling dinanti sekaligus yang menjadi keunikan dari seni jaranan ialah ketika para penari kesurupan lantas mereka menari tanpa sadarkan diri. Hal yang lebih wow adalah ketika mereka melakukan hal ekstrim, seperti memakan beling. Para penari bisa kesurupan karena memang roh-roh halus “sengaja” didatangkan pada saat pertunjukkan jaranan.

Sumber:

UPDATE TERBARU