Monday 8th of July 2024
×

Jadwal Jaranan di Kediri, Sabtu 6 Januari 2024 : Datang dan Saksikan! Banyak Pertunjukan Menarik yang Akan Hadir

Jadwal Jaranan di Kediri, Sabtu 6 Januari 2024 : Datang dan Saksikan! Banyak Pertunjukan Menarik yang Akan Hadir

--

JEMBER - Tari Jaranan adalah kesenian tari tradisional yang dimainkan oleh para penari dengan menaiki kuda tiruan yang tebuat dari anyaman bambu. Selain kaya akan nilai seni dan budaya, tarian ini juga sangat kental akan kesan magis dan nilai spiritual.

Tari Jaranan ini merupakan kesenian yang sangat terkenal di Jawa Timur, di beberapa daerah di Jawa Timur kesenian jaranan ini masih tetap hidup dan di lestarikan. Salah satunya adalah kabupaten Tulungagung yang menjadikan tarian ini sebagai tarian khas dae.


Baca juga: Rekomendasi Rumah Subsidi Murah Terdekat di Kota Malang, Harga Dijual Mulai dari Rp 80 Jutaan! Unit Luas Tarif Terjangkau

Baca juga: Raja Uchu Dagded Kalah! Nonton Ohsama Sentai King-Ohger (2023) Episode 43 Sub Indo, Rcules Diadili!

Dalam pertunjukannya, Tari Jaranan ini dilakukan oleh sekelompok penari dengan pakaian prajurit dan menunggangi kuda kepang. Sambil menunggangi kuda tersebut mereka menari dengan gerakan yang dinamis dan selaras dengan music pengiringnya. Selain menari mereka juga memainkan kuda kepang dengan gerakan yang variatif.

Dalam pertunjukan Tari Jaranan ini juga diiringi oleh berbagai music gamelan seperti kenong, kendang, gong dan lain – lain. Dalam pertunjukan Tari Jaranan ini sangat kental akan kesan magis dan nilai spiritualnya.

Baca juga: Jadwal Kapal Pelni KM Nggapulu Januari 2024, Tersedia Semua Rute! Harga Tiket Mulai Dari 306.000 Aja Kok

Sehingga tidak jarang pada saat pertunjukan para penari mengalami trance atau kesurupan. Hal ini berkaitan dengan kepercayaan masyarakat jawa pada jaman dahulu akan roh – roh para leluhur. Sehingga masyarakat menjadikan Tari Jaranan ini sebagai alat komunikasi dengan leluhur mereka. 

Sumber:

UPDATE TERBARU