Monday 8th of July 2024
×

Jadwal Sembahyang Tionghoa Bulan Januari 2024, Sebuah Adat Upacara Menghormati Leluhur yang Wajib di Catat Tanggalnya

Jadwal Sembahyang Tionghoa Bulan Januari 2024, Sebuah Adat Upacara Menghormati Leluhur yang Wajib di Catat Tanggalnya

--

JEMBER - Jadwal sembahyang hari raya Tionghoa dan sembahyang Dewa-Dewi tahun ini, bertepatan dengan Tahun Naga Kayu 2575 dalam penanggalan Imlek. Perayaan Imlek nanti jatuh pada Sabtu tanggal 10 Februari 2024.  Lalu diikuti jadwal sembahyang hari raya Tionghoa dan Sembahyang Dewa-Dewi 2024.

Orang Tionghoa dengan kepercayaan Konghucu biasanya melakukan sembahyang jelang Imlek dan Cap Go Meh. Penghormatan leluhur yang sering disebut dengan sembahyang ternyata memiliki makna tersendiri.


Mengutip buku “Hari-Hari Raya Tionghoa” yang ditulis oleh Marcus A.S terbitan Suara Harapan Bangsa, orang Tionghoa memiliki sebuah pepatah yang berbunyi sebagai berikut: “Jika kita minum air, maka kita harus selalu ingat kepada sumbernya,”

Baca juga: Jadwal Puasa Sunnah Ayyamul Bidh Januari 2024 Lengkap dengan Bacaan Niatnya, Puasa yang Dianjurkan Baginda Nabi

Baca juga: Jadwal Kapal Pelni KM Sirimau Januari 2024 dan Informasi Harga Tiket, Rute Pertama Merauke – Manokwari

Setelah melewati Tahun Baru Imlek 2024, masyarakat etnis Tionghoa di Indonesia juga akan merayakan beberapa festival perayaan penting lainnya dalam tradisi Tionghoa, diantaranya seperti :

Hari Yuan Xiao (Cap Go Meh), Hari Ceng Beng (Ziarah Kubur), Hari Duan Wu (Bakcang & Festival Dragon Boat), Hari Qixi (Chinese Valentine), Hari Zhong Yuan (Sembahyang Rebutan), Hari Zhong Qiu (Kue Pia Bulan; Festival Musim Semi), Hari Chong Yang (9 bulan 9 Imlek) dan Hari Dong Zhi (Festival Ronde).

Baca juga: Nonton Drama China Born to Run (2024) Eps 7-8 Sub Indo Tayang Malam Ini, Cheng Anxin Lagi Dalam Suasana Badmood

Sumber:

UPDATE TERBARU