Sunday 6th of October 2024
×

Jadwal Pertunjukan Bantengan di Malang Raya Januari 2024, Daerah mu Termasuk Gak?

Jadwal Pertunjukan Bantengan di Malang Raya Januari 2024, Daerah mu Termasuk Gak?

--

JEMBER -  Kota Batu tidak hanya terkenal karena keindahan alamnya. Kota agrowisata ini juga memiliki seni pertunjukan khas yaitu bantengan. Seni tradisional yang tidak hanya memperkaya budaya lokal, tetapi mencerminkan warisan berharga dari masa lampau yang terus dijaga dan dilestarikan.

Dilansir dari situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Kebudayaan, kesenian tradisional bantengan adalah seni pertunjukan budaya dari Jawa Timur, yang menggabungkan unsur sendratari, kanuragan, musik, dan syair atau mantra yang sangat kental dengan nuansa magis.


Baca juga: Jadwal & Harga Tiket Kapal KM Dharma Ferry 7 Bulan Januari 2024, Rute Tersisa Yaitu Balikpapan - Surabaya!

Baca juga: Jadwal Kapal Pelni KM Tatamailau Januari 2024 & Harga Tiket Kapal, Rute Perjalanan Dari Bitung – Merauke PP!

Sejak zaman Kerajaan Singasari, seni bantengan tradisional sangat erat kaitannya dengan pencak silat. Namun, bentuk kesenian bantengan pada masa itu belum seperti sekarang, yaitu adanya topeng kepala bantengan yang menari.

Disini akan kam sampaikan mengenai Jadwal Pertunjukan Bantengan di Malang Raya Januari 2024 yang akan kami bagikan disini, silahkan kamu simai disini sampai selesai ya.

Kesenian ini biasanya dimainkan dua orang. Peran dua orang tersebut terbagi menjadi kaki depan dan kaki belakang. Peran kaki depan sebagai pemegang kepala bantengan dan pengontrol tari bantengan. Sementara kaki belakang bertugas sebagai ekor bantengan. Dua orang tersebut biasanya dimainkan dua laki-laki.

Baca juga: Jadwal Kapal KM Bukit Sigutang Maumere - Balikpapan Januari 2024, Cek Info Terbarunya Disini!

Kostum yang biasanya digunakan untuk tari bantengan terbuat dari kain hitam dan topeng berbentuk kepala banteng yang terbuat dari kayu. Selain itu, kepala banteng juga dilengkapi tanduk asli kerbau atau banteng. Adapun replika tanduk terbuat dari kayu.

Sumber:

UPDATE TERBARU