Monday 8th of July 2024
×

Link Download Baca Novel Ronggeng Dukuh Paruk PDF Gratis Bab Lengkap, Lika-Liku Kehidupan Sang Penari

Link Download Baca Novel Ronggeng Dukuh Paruk PDF Gratis Bab Lengkap, Lika-Liku Kehidupan Sang Penari

--

Baca juga: Download Lagu Karna SalibMu oleh JPCC Worship MP3/MP4 Gratis, 'Kar'na Salib-Mu Ku Hidup Karna Salib-Mu Ku Menang'

Baca juga: Link Download Lagu Rohani Seperti Rusa Rindu Sungaimu Oleh Hosana Singers MP3/MP4 Gratis Tanpa Login


Srintil menjadi tokoh yang amat terkenal dan digandrungi karena cantik dan menggoda. Semua ingin berjoget dan tidur bersama ronggeng itu. Dari kawula biasa hingga pejabat-pejabat desa, bahkan hingga pejabat kabupaten.

Namun, malapetaka politik tahun 1965 membuat Dukuh Paruk hancur, baik secara fisik maupun mental. Karena kebodohan mereka tentang politik, mereka terseret arus konflik dan divonis sebagai manusia-manusia pengkhianat negara.

Pedukuhan itu dibakar dan ronggeng berserta para penabuh calung ditahan oleh tentara. Hanya saja, karena kecantikannya, Srintil tidak diperlakukan semena-mena oleh para penguasa penjara tahanan politik.

Pengalaman pahit yang dialaminya sebagai tahanan politik membuat Srintil sadar akan harkatnya sebagai manusia. Setelah bebas, ia berniat memperbaiki citra dirinya dengan tak lagi melayani lelaki manapun dan menjadi wanita somahan.

Ketika teman masa kecilnya, Rasus, muncul kembali dalam kehidupannya, sepercik harapan pun muncul. Akan tetapi, ternyata Srintil kembali terhempas, kali ini bahkan membuat jiwanya hancur.

Sumber:

UPDATE TERBARU