Friday 5th of July 2024
×

Jadwal Mendeman Ebeg Banyumasan di Jawa Tengah Maret 2024, Datang dan Saksikan Pertunjukannya!

Jadwal Mendeman Ebeg Banyumasan di Jawa Tengah Maret 2024, Datang dan Saksikan Pertunjukannya!

--

JEMBER -  Nama tradisi ebeg mungkin tak sefamiliar kuda lumping di telinga orang awam. Namun, tidak bagi masyarakat Banyumas, atraksi ebeg merupakan tradisi yang ditampilkan dalam acara-acara penting.

Mulai dari pesta ulang tahun, hajatan pernikahan, khitanan, peresmian gedung, perayaan hasil panen, dan juga peringatan hari kemerdekaan. Dilansir laman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, ebeg atau kuda kepang merupakan sebuah tarian tradisional khas Jawa Tengah.


Tarian tradisional ini menggunakan properti berupa anyaman bambu yang dikepang menyerupai kuda. Anyaman tersebut dihias dengan cat hitam atau putih dan diberi hiasan kain beraneka warna, serta dilengkapi kerincing agar tampak meriah.

Baca juga: Private Bodyguard Novel PDF Full Chapter, Adaptasi AU di Twitter yang Pernah Viral!

Baca juga: Nonton Drama Malaysia Rindu Awak 200% (2014) Sub Indo Full Episode, Kisah Segitiga yang Bikin Gregetan!

Dibandingkan dengan kesenian lainnya seperti wayang, ebeg dianggap sebagai tradisi asli Jawa. Tak ada tulisan pasti kapan tradisi ini pertama kali dilakukan, tetapi kemungkinan tradisi ebeg sudah ada sejak zaman Jawa kuno.

Tradisi ebeg menggambarkan sekelompok prajurit yang tengah menunggang kuda, lengkap beserta dengan atraksinya. Kuda kepang atau ebeg adalah lambang kegagahan prajurit Mataram ketika berkuda melawan penjajahan Belanda.

Dalam melakukannya, dibutuhkan sekitar 10 -12 orang penari, penyanyi, dan pemusik gamelan. Nantinya pemusik dan penyanyi akan mendendangkan tembang Banyumasan, dengan lagu-lagu berbahasa Ngapak, yang lengkap dengan logatnya yang khas.

Baca juga: Nonton Film Filipina Rita (2024) Sub Indo Full Movie HD, Tampilkan Christine Bermas yang Cari Kepuasan Karena Kesepian

Sumber:

UPDATE TERBARU