Monday 8th of July 2024
×

Jadwal Mendeman Ebeg Banyumasan di Jawa Tengah Maret 2024, Datang dan Saksikan Pertunjukannya!

Jadwal Mendeman Ebeg Banyumasan di Jawa Tengah Maret 2024, Datang dan Saksikan Pertunjukannya!

--

Baca juga: Drama China Don't Disturb Me Farming (2024) Episode 19-20 Sub Indonesia Lengkap Dengan Jadwal Rilis Terbarunya

Lagu-lagu itu umumnya menceritakan tentang kehidupan masyarakat tradisional Banyumas. Didalamnya ada pula cerita tenang kesenian ebeg, wejangan hidup, serta pantun.


Selain Banyumas, tradisi ebeg juga dipentaskan di berbagi kawasan ngapak lainnya, seperti Purbalingga, Banjarnegara, Cilacap, Kebumen, dan Kroya. Tidak ada koreografi khusus yang mesti dihapal para penari dalam tradisi ebeg.

Para penari biasanya akan menari seirama dengan alunan gamelan. Kelincahan penari merupakan simbol semangat, kekuatan, dan optimisme.

momen yang paling ditunggu-tunggu dalam tradisi ebeg adalah babak janturan. Babak ini merupakan babak akhir sekaligus penutupan.

Jadwal Mendeman Ebeg Banyumasan di Cilacap Maret 2024

Baca juga: Sedikit Canggung! Lanjutan Nonton Drama Dhevaprom: Laorchan Episode 7-8 Sub Indo: Spoiler dan Jadwal Rilis

Baca juga: Jadwal Samsat Keliling Pasuruan Bulan Maret 2024 Lengkap Dengan Persyaratan Untuk Pengesahan STNK

Ketika melangsungkan janturan, para penari biasanya akan dimasuki indang (roh halus atau makhluk astral). Saat dimasuki indang, penari akan mengalami wuru/mendhem, atau masyarakat awam umumnya menyebut kondisi ini sebagai kerasukan.Indang akan mempengaruhi gerak-gerik penari.

Penari yang mengalami mendhem akan menari dan bergerak sesuai indang yang memasukinya. Bisa jadi menyerupai ular, kera, kuda, harimau, atau justru prajurit dalam berbagai tingkatan

.Terkadang mereka juga akan memakan benda-benda yang tak lazim dikonsumsi. Mulai dari pecahan kaca, bunga sesajen, bara api, permen, ayam mentah, batang pohon pisang, dan masih banyak lagi.untuk jadwalnya kamu bisa lihat disini : 

https://www.facebook.com/PKEBC/?locale=id_ID

Semoga artikel yang kami bagikan ini bermanfaat!

Sumber:

UPDATE TERBARU