Friday 5th of July 2024
×

El Nino di Indonesia Sampai Kapan 2024? Berlanjut dan Bertahan Lama di Cuaca Ekstrem!

El Nino di Indonesia Sampai Kapan 2024? Berlanjut dan Bertahan Lama di Cuaca Ekstrem!

--

JEMBER – Akhir-akhir ini diketahui cuaca ekstrem banyak terjadi dan ternyata hal ini diakibatkan dari adanya badai siklon tropis yang berasal dari munculnya 2 bibit Siklon 91S dan 93P. selain itu, sebelumnya sudah diketahui jika cuaca ekstrem di Indonesia juga terjadi karena El Nino. Lalu, el nino sampai kapan 2024?

Keadaan cuaca hari-hari ini di beberapa wilayah Indonesia dan hal ini karena memang keadaan di lapangan sangatlah kacau karena kondisi cuaca ekstrem. Bagi kamu yang ingin mengetahui informasi selengkapnnya dapat langsung saja simak pembahasan yang kami sajikan di artikel berikut ini.


Baca juga: Sampai Kapan Cuaca Ekstrem Berakhir? Prediksi Curah Hujan Dasarian Sangat Tinggi!

Baca juga: Badai Siklon Tropis Akibat Munculnya 2 Bibit Siklon 91S dan 93P di Wilayah Indonesia

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) rilis prakiraan keadaan dinamika atmosfer di Indonesia hingga curah hujan sepanjang tahun 2024. Prakiraan itu tertuang dalam Climate Outlook 2024 atau Pandangan Iklim 2024.

Secara umum, Pandangan Iklim 2024 berisi tentang analisis iklim dan kondisi dinamika atmosfer global hingga akhir Desember 2023. Di dalamnya termasuk prediksi tentang El Nino Southern Oscillation (ENSO) dan Indian Ocean Dipole (IOD) hingga prediksi curah hujan 2024 serta perbandingan dengan tahun sebelumnya.

El Nino 2023 di Indonesia

BMKG menjelaskan El Nino di tahun Naga Kayu ini berada di fase El Nino Moderat dan masih akan bertahan hingga awal tahun 2024. Sedangkan IOD memasuki fase negatif dan bergerak netral hingga akhir tahun 2024.

El Nino dan IOD merupakan dua faktor pengendali yang sangat berpengaruh terhadap curah hujan di Indonesia. Fenomena iklim El Nino merupakan anomali kenaikan suhu permukaan laut hingga menyebabkan musim kemarau di tahun 2023 lalu menjadi lebih ekstrem panas dan kering.

Namun, Indonesia nampaknya bisa bernafas lega. Pada Januari, Februari, Maret 2024 ENSO berada pada fase El Nino Lemah dan akan terus melemah hingga akhir tahun 2024.

Sumber:

UPDATE TERBARU