Friday 5th of July 2024
×

Cecep Nurwendaya Jelaskan Posisi Hilal Awal Ramadhan 1 Ramadan 1445 H/2024, Lihat Disini!

Cecep Nurwendaya Jelaskan Posisi Hilal Awal Ramadhan 1 Ramadan 1445 H/2024, Lihat Disini!

--

JEMBER - Pemantauan hilal dan sidang isbat 1 Ramadan 1445 H/2024 digelar Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) pada hari ini, 10 Maret 2024. Sebelum sidang isbat, Kemenag akan memberikan paparan posisi hilal di kantor Kemenag.

Seminar hisab astronomi itu akan dipaparkan oleh Cecep Nurwendaya selaku anggota Tim Hisab Rukyat Kementerian Agama RI. Paparan disampaikan pukul 17.00 WIB.


Pemaparan posisi hilal awal Ramadan 1445 Hijriah berdasarkan hasil hisab (perhitungan astronomi) oleh Tim Hisab dan Rukyat Kemenag RI mulai pukul 17.00 WIB. Sesi ini terbuka untuk umum dan akan disiarkan secara live di Channel Youtube Bimas Islam.

Baca juga: Sensitivitas FF Auto Headshot 2024 Semua Senjata, AIM Full Merah Auto HS Nih Boss!

Baca juga: Dani Alves Meninggal Bunuh Diri di Penjara Hoax? Sang Kakak Ney Alves dan Pihak Keluarga Beri Klarifikasi!

“Kementerian Agama rutin menggelar sidang isbat (penetapan) awal Ramadan, Syawwal, dan Zulhijjah. Hal ini sudah berlangsung sejak dekade 1950-an, sebagian sumber menyebut tahun 1962.

Hasil sidang isbat diumumkan oleh Menteri Agama dan itu menjadi momen yang ditunggu masyarakat,” kata Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais-Binsyar) Ditjen Bimas Islam, Adib.

Disampaikan Adib, dalam perkembangan selanjutnya, MUI menerbitkan Keputusan Fatwa No 2 Tahun 2004 tentang Penetapan Awal Ramadan, Syawal, dan Dzulhijjah. Fatwa itu salah satunya memutuskan bahwa penetapan awal Ramadan, Syawwal, dan Dzulhijjah dilakukan berdasarkan metode rukyah dan hisab oleh Pemerintah RI cq. Menteri Agama dan berlaku secara nasional.

Baca juga: 20 Contoh Soal Pretest PPG 2024 Lengkap Dengan Kunci Jawabannya, Berbagai Studi Bisa Belajar!

Sumber:

UPDATE TERBARU