Sunday 6th of October 2024
×

Jelaskan Perbedaan Antara Umbra dan Penumbra? Fenomena Gerhana yang Perlu Diketahui Detailnya!

Jelaskan Perbedaan Antara Umbra dan Penumbra? Fenomena Gerhana yang Perlu Diketahui Detailnya!

--

JEMBER – Informasi yang kami sajikan di artikel berikut ini akan membahas tentang materi yang menjelaskan perbedaan antara umbra dan penumbra? Jika kamu ingin mengetahui pembahasan lengkapnya dapat cek informasi yang kami sediakan di artikel berikut.

Pembahasan tentang umbra dan penumbra berhubunan dengan materi yang berkaitan denganf enomena gerhana. Untuk mengetahui detailnya dapat cek pembahasannya kali ini.


Baca juga: WHV Australia 2024 Kapan Dibuka? Lengkapi Syarat Working Holiday yang Dibutuhkannya Sekarang Juga!

Baca juga: TTS Kepiting Kalau Jalannya Mundur Jadi ? Jawaban nya Gampang! Ada 10 Kata Aja

Fenomena gerhana adalah fenomena astronomi yang berkaitan dengan bayangan. Gerhana terjadi saat sebuah objek bergerak lewat di depan objek lain atau objek tersebut masuk ke dalam bayangan objek diamati dari permukaan Bumi.

Untuk dapat terjadi gerhana, ketiga objek harus berada dalam satu garis, atau dikenal dengan terminologi sygyzy, yang berarti “terhubung bersama” dalam bahasa Yunani. Gerhana yang dikenal luas melibatkan Bumi, Bulan, dan Matahari.

Perbedaan Antara Umbra dan Penumbra

Mengutip Kemdikbud, umbra dan penumbra adalah bayangan yang terbentuk saat terjadi gerhana. Pengertian umbra adalah bayangan gelap yang terbentuk selama terjadinya gerhana, disebut juga bayangan inti. Sementara pengertian penumbra adalah bayangan kabur (remang-remang) yang terbentuk selama terjadinya gerhana.

Lalu, untuk perbedaan keduanya yaitu bahwa umbra adalah bayangan inti yang berada di bagian tengah, bagian ini sangat gelap pada saat terjadi gerhana. Sedangkan penumbra adalah bayangan kabur yang terjadi pada saat gerhana terjadi.

Sumber:

UPDATE TERBARU