Monday 1st of July 2024
×

Contoh Soal Olimpiade Matematika SMP dan Pembahasannya PDF, Soal Langsung Dari Kemendikbud!

Contoh Soal Olimpiade Matematika SMP dan Pembahasannya PDF, Soal Langsung Dari Kemendikbud!

--

JEMBER - Olimpiade Matematika SMP merupakan ajang bergengsi bagi para pelajar tingkat menengah pertama yang memiliki minat dan bakat di bidang matematika. Oleh karena itu, penting untuk mempelajari contoh soal olimpiade matematika SMP dan jawabannya.

Kompetisi ini bukan hanya menjadi wadah untuk menguji kemampuan, tetapi juga mengasah kreativitas serta kemampuan pemecahan masalah siswa. Contoh soal ini bisa menjadi referensi bermanfaat bagi siswa yang mengikuti kompetisi ini.


Baca juga: Contoh Soal Olimpiade OSN Kimia SMA 2023 Lengkap dengan Kunci Jawaban, Kimia Stoikiometri Jadi Salah Satu Materi Ujian!

Baca juga: Download Modul Ajar PJOK SD Kelas 5 Kurikulum Merdeka PDF Full Akses Gratis! Pelajaran Olahraga Makin Menyenangkan

Sebaiknya, kerjakan dengan fokus dan penuh ketelitian. Siswa dapat meminta bantuan orang tua untuk mendampingi proses belajar atau mengoreksi jawaban.

Berikut ini kumpulan contoh soal olimpiade Matematika untuk siswa SMP lengkap dengan jawabannya, dikutip dari berbagai sumber.

Contoh Soal Olimpiade Matematika SMP dan Pembahasannya PDF

Soal 1

P adalah himpunan "bilangan ganjil positif yang habis dibagi 3 dan kurang dari 30" bentuk P dalam notasi pembentukan himpunan adalah...

Jawaban:

Himpunan "bilangan ganjil positif yang habis dibagi 3 dan kurang dari 30" jika kita tuliskan adalah 3, 9, 15, 21, 27 yang paling tepat menyatakan bilangan itu dalam notasi himpunan adalah P = {x|x = 6n−3, 0 < x < 30, n ∈ N}.

Baca juga: Download Kumpulan Modul Ajar IPS SMP Kelas 8 Fase D Kurikulum Merdeka, Lengkap Semua Bab Tinggal Unduh!

Sumber:

UPDATE TERBARU