Monday 8th of July 2024
×

Kalender Liturgi Bulan Maret 2024, Umat Katolik Jangan Lupa Dicatat Ya!

Kalender Liturgi Bulan Maret 2024, Umat Katolik Jangan Lupa Dicatat Ya!

--

JEMBER - Liturgi adalah istilah yang berasal dari bahasa Yunani, leitourgia, yang berarti kerja bersama. Kerja bersama ini mengandung makna peribadatan kepada Allah dan pelaksanaan kasih, dan pada umumnya istilah liturgi lebih banyak digunakan dalam tradisi Kristen, antara lain umat Katolik.

Kurang lebih dapat dibandingkan dengan rukun salat secara berjamaah baik pada hari-hari raya maupun hari Jumat dan salat lima-waktu setiap hari pada umat Islam 


Liturgi adalah kegiatan dari Kristus Paripurna, dalam bahasa Latin Christus totus, atau Kristus seluruhnya, yaitu Kristus di surga sebagai kepala dan seluruh jemaat-Nya yang masih ada di dunia, yaitu Gereja yang merupakan Tubuh Kristus, dalam korban pujian dan syukur kepada Allah.

Baca juga: Sinopsis Film Sinden Gaib (2024), Suara Merdunya Memikat Jiwa Wajahnya Menelan Nyawa!

Baca juga: Jadwal Kapal KM Bukit Siguntang Maret 2024, Tersedia Perjalanan yang Dimulai Dari Maumere – Kupang & Lainnya!

Urutan ini juga telah ditetapkan secara hirarkis dan mengutamakan suasana keheningan dan kontemplasi.Mengutip buku Liturgi (Pengantar untuk Studi dan Praksis Liturgi) oleh Emanuel Martasudjita, kalender liturgi berfungsi untuk memandu Gereja dalam memperingati misteri sejarah keselamatan Yesus Kristus.

Hal ini termasuk kelahiran, penderitaan, kematian, dan kebangkitan-Nya.Kalender liturgi akan menjadi referensi setiap gereja-gereja. Mereka umumnya akan melakukan penyesuaian.

Baca juga: Nonton Film Madame Web Full Movie Sub Indo HD 1080p, Menenun Masa Depan Melindungi Takdir!

Sumber:

UPDATE TERBARU