Monday 8th of July 2024
×

Panduan Menggunakan Akun Sirekap Pemilu 2024 Untuk Pemula, Ikuti Langkah - langkah Berikut Ini!

Panduan Menggunakan Akun Sirekap Pemilu 2024 Untuk Pemula, Ikuti Langkah - langkah Berikut Ini!

--

JEMBER - Pemilu 2024 Indonesia semakin dekat, dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) bertekad menghadirkan pesta demokrasi yang modern, efisien, dan transparan. Salah satu langkah strategisnya adalah penggunaan Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap), sebuah aplikasi berbasis android yang akan digunakan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk rekapitulasi suara.

Sebagai penyelenggara pemilu di tingkat TPS, Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) memiliki peran penting dalam mengoperasikan Sirekap. Khususnya, dua orang anggota KPPS yang ditunjuk sebagai Si Rekap 1 dan Si Rekap 2 bertanggung jawab langsung terhadap pengisian aplikasi ini.

Baca juga: Download Aplikasi Sirekap Pemilu 2024 Gratis dan Tata Cara Mudah Menginstalnya

Baca juga: Sirekap 1 dan 2 Adalah? Ini Dia Duo IT yang Paling Sibuk! Wujudkan Pemilu 2024 Transparan dan Lebih Demokratis!

Tak perlu khawatir jika belum familiar dengan Sirekap. Artikel ini akan menjadi panduan lengkap bagi Si Rekap 1 dan 2 untuk menggunakan aplikasi ini dengan mudah dan akurat.

DOWNLOAD SIREKAP

Sebelum Memulai:

  1. Pastikan perangkat siap: Gunakan smartphone android dengan baterai penuh dan koneksi internet stabil. Unduh aplikasi Sirekap dari Play Store (pastikan sumber resmi dari KPU) dan pastikan terinstal dengan benar.
  2. Terima pembekalan KPU: KPU telah menyelenggarakan pelatihan secara nasional untuk KPPS. Pastikan Si Rekap 1 dan 2 telah mengikuti pelatihan dan memahami prosedur penggunaan Sirekap.
  3. Perlengkapan lengkap: Siapkan formulir C-1 Plano (hasil penghitungan suara) dan alat tulis untuk verifikasi data.

Baca juga: Hasil Diskusi KM ITB dengan Rektor Ini Keputusannya, Kebijakan Bayar UKT dengan Pinjol Tidak Dicabut?

Sumber:

UPDATE TERBARU