Sunday 6th of October 2024
×

Jadwal Jaranan Bulan Januari 2024, Sebuah Seni Budaya Jawa yang Masih Diminati Masyarakat! Catat Tanggalnya

Jadwal Jaranan Bulan Januari 2024, Sebuah Seni Budaya Jawa yang Masih Diminati Masyarakat! Catat Tanggalnya

--

JEMBER - Kesenian jaranan merupakan seni budaya yang di dalamnya ditampilkan gerak-gerik tari. Dimainkan oleh berbagai pemain seperti Pentulan, Celengan, Barongan, dan para pemain Jaranan itu sendiri, selain itu juga terdapat alat musik yang mengiringi pertunjukan Jaranan seperti gamelan, kenong, gendang, dan gong. 

Jaranan terkenal dengan adegan kesurupannya di mana ia melakukan hal-hal yang tidak rasional seperti memakan pecahan kaca, berjalan di atas api dan berbagai tindakan berbahaya lainnya. Pada sebagian masyarakat, jaranan mempunyai persepsi yang lain, yaitu para pelaku jaranan adalah penyembah roh kuda, tetapi sebenarnya simbol kuda sendiri adalah untuk menunjukkan semangat dalam memotivasi hidup (Sri Winarsih, 2010:52).


Baca juga: Renungan Harian Katolik Hari Ini Selasa 16 Januari 2024 : Bacaan I – 1Sam 1:9-20 Tentang Pemimpin yang Adil dan Bijaksana

Baca juga: Cara Daftar Mudik Gratis Lebaran 2024, Kuotanya Sudah Ditambah Buruan Apply Supaya Bisa Pulang Kampung Gratis

Dalam pertunjukannya, Tari Jaranan ini dilakukan oleh sekelompok penari dengan pakaian prajurit dan menunggangi kuda kepang. Sambil menunggangi kuda tersebut mereka menari dengan gerakan yang dinamis dan selaras dengan music pengiringnya. Selain menari mereka juga memainkan kuda kepang dengan gerakan yang variatif.

Dalam pertunjukan Tari Jaranan ini juga diiringi oleh berbagai music gamelan seperti kenong, kendang, gong dan lain – lain. Dalam pertunjukan Tari Jaranan ini sangat kental akan kesan magis dan nilai spiritualnya.

Baca juga: Link Nonton Drama My Happy Ending Episode 6 7 8 Sub Indonesia Teo Kena Hasut Yoon Jin Buat Merusak Rumah Tangga Jae Won

Sehingga tidak jarang pada saat pertunjukan para penari mengalami trance atau kesurupan. Hal ini berkaitan dengan kepercayaan masyarakat jawa pada jaman dahulu akan roh – roh para leluhur. Sehingga masyarakat menjadikan Tari Jaranan ini sebagai alat komunikasi dengan leluhur mereka. 

Sumber:

UPDATE TERBARU