Sunday 6th of October 2024
×

Jadwal Jaranan di Kediri, Sabtu 6 Januari 2024 : Datang dan Saksikan! Banyak Pertunjukan Menarik yang Akan Hadir

Jadwal Jaranan di Kediri, Sabtu 6 Januari 2024 : Datang dan Saksikan! Banyak Pertunjukan Menarik yang Akan Hadir

--

Dalam perkembangannya, Tari Jaranan ini masih tetap hidup dan dilestarikan di beberapa daerah di Jawa Timur. Salah satunya adalah kabupaten Tulungagung yang menjadikan Tari Jaranan ini sebagai icon kebanggan mereka.

Itulah penggalan berjudul jaranan. Jaranan sendiri merupakan kesenian tradisional yang berasal dari Kediri. Meskipun berasal dari Kediri, nyatanya kesenian ini juga terkenal di beberapa kota lain di Jawa Timur, seperti Ponorogo, Tulungagung, Nganjuk, dan Banyuwangi.


Seni jaranan dikatakan berasal dari Kediri karena merunut pada sejarahnya. Ada banyak versi tentang sejarah seni jaranan. Salah satu yang berkembang di masyarakat ialah tentang pernikahan Dewi Sanggalangit dengan Klana Sewandana. Nah kali ini akan kami sampaikan soal Jadwal Jaranan di Kediri, Sabtu 6 Januari 2024 di bawah ini :

Baca juga: Paket Biaya Umroh 2 Orang di Jakarta Januari 2024 + Kereta Cepat, Mulai Dari Rp28,5 juta/pax!

Baca juga: Jadwal Kapal Surabaya - Lombok PP Januari 2024 & Harga Tiketnya, Booking Sekarang Sebelum Kehabisan!

Jadwal Jaranan di Kediri, Sabtu 6 Januari 2024

Momen yang paling dinanti sekaligus yang menjadi keunikan dari seni jaranan ialah ketika para penari kesurupan lantas mereka menari tanpa sadarkan diri. Hal yang lebih wow adalah ketika mereka melakukan hal ekstrim, seperti memakan beling. Para penari bisa kesurupan karena memang roh-roh halus “sengaja” didatangkan pada saat pertunjukkan jaranan.

Sumber:

UPDATE TERBARU