Saturday 6th of July 2024
×

Kumpulan Pantun Tanya Kabar Untuk Lebaran 2024, Pasti Cakep Banget Buat Bangun Suasana Berkesan!

Kumpulan Pantun Tanya Kabar Untuk Lebaran 2024, Pasti Cakep Banget Buat Bangun Suasana Berkesan!

--

JEMBER - Artikel berikut ini adalah informasi mengenai Kumpulan Pantun Tanya Kabar Untuk Lebaran 2024 yang tidak boleh kamu lewatkan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi!

Pengertian pantun dikutip dari buku Sastra Indonesia Lengkap yang disusun oleh Tim Sastra Cemerlang (2018:33) bahwa pantun merupakan puisi melayu lama asli Indonesia yang terdiri dari sampiran dan isi dengan rima a-b-a-b.


Baca juga: Ada yang Merengek ke Perusahaan! Nonton Drama China Step By Step Love (2024) Episode 14 Sub Indonesia

Baca juga: Sinopsis Jazz for Two (2024) Lengkap Dengan Link Nonton Drama Korea Episode 1-8 Subtitle Indo, Kisah Romansa Ji Ho-geun dan Kim Jin-kwon

Dalam buku tersebut juga dijelaskan bahwa pantun yang berasal dari bahasa jawa kuno yang berarti mengatur dan menyusun ini berisi makna yang penting.

Tal hanya membawakan keindahan larik dan rima serta irama yang ada di dalamnya, pantun ini rupanya memiliki makna atau isi pesan khusus yang ingin disampaikan pada pendengar pantun tersebut.

Salah satu isi pantun yang banyak digunakan adalah pantun sindiran. Sindiran merupakan gaya bahasa yang digunakan untuk menyampaikan pesan dengan susunan kata tertentu tanpa menyampaikan pesan secara langsung. 

Definisi pantun, menurut Utami (2013:8) menyatakan, pantun adalah salah satu hasil karya sastra jenis puisi lama yang sangat dikenal dalam bahasa nusantara. Dalam bahasa Sunda, pantun dikenal sebagai paparikan dan dalam bahasa Jawa dikenal sebagai parikan.

Pantun memiliki ciri-ciri seperti, mempunyai 4 baris, bersajak a-b-a-b/a-a-a-a, baris 1 dan 2 berisi sampiran, baris 3 dan 4 berisi isinya pantun. Pantun sendiri memiliki beberapa jenis yang diambil berdasarkan isinya, seperti pantun nasehat, pantun jenaka, pantun teka-teki, pantun cinta, pantun agama, dst.

Sumber:

UPDATE TERBARU