Monday 8th of July 2024
×

Profil Pondok Pesantren Lirboyo Kediri: Sejarah, Lokasi, dan Cabang di Seluruh Indonesia

Profil Pondok Pesantren Lirboyo Kediri: Sejarah, Lokasi, dan Cabang di Seluruh Indonesia

--

Pondok Pesantren Lirboyo menjadi salah satu pesantren terbesar di Indonesia dan menjadi salah satu pusat studi Islam sejak puluhan tahun sebelum kemerdekaan Indonesia. Bahkan santri-santri Pondok Pesantren Lirboyo ikut berjuang di medan perang, salah satunya peristiwa 10 November 1945 di Surabaya.

Lokasi Pondok Pesantren Lirboyo

Lirboyo sendiri merupakan nama sebuah desa yang digunakan oleh KH. Abdul Karim sebagai nama pondok pesantren dan terletak di barat Sungai Brantas, di lembah gunung Willis, Kota Kediri. Pondok Pesantren Lirboyo berlokasi di Desa Lirboyo, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri, Jawa Timur.

Sejarah Pondok Pesantren Lirboyo


Diketahui jika KH. Abdul Karim merupakan pencetus nama Pondok Pesantren Lirboyo. Ia lahir pada tahun 1856 M di desa Diyangan, Kawedanan, Mertoyudan, Magelang, Jawa Tengah. Abdul Karim adalah putra dari pasangan Kiai Abdur Rahim dan Nyai Salamah.

Baca juga: SewaHash Com Apk Investasi Terbukti Membayar Atau Tidak? Ketahui Seluk Beluk Aplikasinya Disini!

Baca juga: Daftar Hotel Murah di Jakpus (Jakarta Pusat) Dibawah 200 Ribu Februari 2024, Fasilitas Lengkap Nyaman dan Bersih

Baca juga: Nonton Drakor Flex X Cop (2024) Sub Indo Episode 1 Sub Indo, Tayang Perdana! Ahn Bo Hyun Bakal Jadi Detektif

Abdul Karim sudah mempelajari ilmu agama sejak usia 14 tahun. Kemudian, pada usia 40 tahun, Abdul Karim menikah dengan Siti Khodijah binti KH. Sholeh atau Nyai Dlomroh.

Selanjutnya, pada tahun 1910 M, KH. Abdul karim hijrah bersama istri tercinta hijrah ke tempat sebuah desa yang bernama Lirboyo. Kemudian, Abdul Karim memakai nama Lirboyo untuk pondok pesantren. KH. Abdul Karim meninggal dunia pada tahun 1954. Dia dimakamkan di belakang masjid Lirboyo.

Sumber:

UPDATE TERBARU