Monday 8th of July 2024
×

Ringkasan Novel Laskar Pelangi PDF Lengkap Dengan Sinopsis Cerita Hingga Amanat yang Disampaikannya

Ringkasan Novel Laskar Pelangi PDF Lengkap Dengan Sinopsis Cerita Hingga Amanat yang Disampaikannya

--

Saat ini sudah tersedia banyak sekali genre novel yang dapat kamu pilih sesuai dengan referensimu sendiri. Genre tersebut antara lain aksi, thriller, horor, romantis, komedi, slice of life, hingga kerajaan.

Ringkasan Novel Laskar Pelangi PDF 

Novel Laskar Pelangi merupakan karya terkenal dari penulis ternama Andrea Hirata yang rilis pertama kali pada tahun 2005 oleh Penerbit Bentang Pustaka. Andrea Hirata menulis novel ini berdasarkan kisah masa kecilnya di Desa Gantung, Kabupaten Gantung, Belitung. 


Novel ini merupakan bagian pertama dari tetralogi Laskar Pelangi. Buku selanjutnya yakni Sang Pemimpi (2006), Edensor (2007), dan Maryam Karprov (2008.

Baca juga: Baca Novel The Return of the Iron-blood Sword Hound Bahasa Indonesia, Kisah Anjing Pemburu Keluarga Baskerville

Novel Laskar Pelangi mengisahkan perjalanan hidup sepuluh anak dari keluarga kurang mampu yang bersekolah di sekolah Muhammadiyah. Cerita ini terjadi di Desa Gantung, Belitong Timur dan berlatar budaya Melayu Belitong.

Cerita dimulai saat sekolah Muhammadiyah terancam ditutup karena kurangnya jumlah siswa. Namun, penutupan tersebut dibatalkan karena pada saat-saat terakhir datang satu siswa bernama Harun yang akhirnya melengkapi syarat minimal jumlah siswa yakni sepuluh anak.

Novel ini memiliki tokoh utama para siswa di sekolah Muhammadiyah yakni Ikal, Lintang, Sahara, Mahar, A Kiong, Syahdan, Kucai, Borek, Trapani, dan Harun. Dikarenakan mereka senang memandangi pelangi, guru mereka yang bernama Bu Mus menyebutnya dengan kelompok “Laskar Pelangi”.

Mereka hidup dalam komunitas tambang di Belitung, di mana pendidikan hanya tersedia bagi anak-anak pegawai PN Timah yang memiliki pangkat. Fasilitas yang memadai pun hanya bisa diakses oleh orang-orang dengan kelas sosial tertentu.

Sumber:

UPDATE TERBARU