Friday 5th of July 2024
×

Angin Puting Beliung Terjang 5 Kecamatan di Kabupaten Bandung dan Sumedang, Pakar BRIN : Tornado Pertama di Indonesia

Angin Puting Beliung Terjang 5 Kecamatan di Kabupaten Bandung dan Sumedang, Pakar BRIN : Tornado Pertama di Indonesia

--

JEMBER - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat mencatat lima kecamatan di Kabupaten Bandung dan Sumedang terdampak angin puting beliung, Rabu (21/2/2024) sore kemarin. Puluhan rumah mengalami rusak ringan hingga berat serta belasan pabrik rusak.

Humas BPBD Provinsi Jabar Hadi Rahmat mengatakan lima kecamatan terdampak yaitu Kecamatan Jatinangor, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang. Kecamatan Rancaekek, Cicalengka dan Cileunyi di Kabupaten Bandung.


Baca juga: Bikin Geger! Video Dinda Superindo Viral di Berbagai Sosial Media, Aksinya Buat Warganet Gak Bisa Tidur!

Baca juga: Cara Mendaftar dan Syarat SSCASN 2024, Seleksi CPNS & PPPK 2024 Bakal Dilakukan 3x!

Untuk sementara di Kabupaten Sumedang sebanyak 13 unit bangunan pabrik terdampak, 10 unit rumah rusak sedang. Sedangkan di Kabupaten Bandung, empat bangunan pabrik dan toko terdampak, 47 rumah rusak ringan, 14 unit rumah rusak sedang dan 26 rumah rusak berat. "Korban terdampak masih dalam pendataan," ujar Hadi, Kamis (22/2/2024).

Salah satu video fenomena ini pun sontak ramai di situs X (Dulunya Twitter), dari video yang beredar, angin puting beliung menerjang di kawasan PT Kahatex, Rancaekek, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Terlihat dalam video tersebut, angin puting beliung menghantam semua bangunan yang dilewatinya. Salah satu video memperlihatkan atap bangunan bangunan tercopot.

Terlihat sejumlah material bangunan seperti kayu berputar-putar di sekitaran angin puting beliung. Pada video lainnya juga terlihat dua mobil truk terlihat dalam posisi terbalik karena dihantam angin puting beliung. Sampai saat ini pihak terkait belum memberikan keterangan resmi terkait korban dan kerugian akibat terjangan angin puting beliung ini.

Baca juga: Siapa Itu Hadi Tjahjanto, Mantan TNI yang Dilantik Menjadi Menko Polhukam Pengganti Mahfud MD ? Berikut Profil Lengkapnya

Sumber:

UPDATE TERBARU