Friday 5th of July 2024
×

Soal Olimpiade Matematika Smp dan Pembahasannya Pdf, Siapkan Pelajari Materi Dengan Baik!

Soal Olimpiade Matematika Smp dan Pembahasannya Pdf, Siapkan Pelajari Materi Dengan Baik!

--

JEMBER - Informasi yang kami sediakan kali ini akan berkaitan dengan Soal Olimpiade Matematika Smp Dan Pembahasannya Pdf. Hal ini dapat berguna untuk kamu yang sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti olimpiade dengan mempelajari banyak soal yang ada. 

Olimpiade Matematika SMP merupakan ajang bergengsi bagi para pelajar tingkat menengah pertama yang memiliki minat dan bakat di bidang matematika. Oleh karena itu, penting untuk mempelajari contoh soal olimpiade matematika SMP dan jawabannya.


Kompetisi ini bukan hanya menjadi wadah untuk menguji kemampuan, tetapi juga mengasah kreativitas serta kemampuan pemecahan masalah siswa. Contoh soal ini bisa menjadi referensi bermanfaat bagi siswa yang mengikuti kompetisi ini.

Baca juga: Soal Pretes Ppg Bahasa Indonesia Pdf Untuk Tes Seleksi Pendidikan Profesi Guru

Baca juga: Link Download Materi Jurus Dasar Tapak Suci Full PDF, Lengkap Semua Gerakan!

Sebaiknya, kerjakan dengan fokus dan penuh ketelitian. Siswa dapat meminta bantuan orang tua untuk mendampingi proses belajar atau mengoreksi jawaban.

Berikut ini kumpulan contoh soal olimpiade Matematika untuk siswa SMP lengkap dengan jawabannya, dikutip dari berbagai sumber.

Contoh Soal Olimpiade Matematika SMP dan Pembahasannya PDF

Modul Soal (Teori Himpunan)

1. Jika ???? = {????|5 ≤ ???? ≤ 9, ???? ???????????????????????????????? ????????????????}???? = {????|7 ≤ ???? < 13, ???? ???????????????????????????????? ????????????????ℎ} ???????????????? ???? ∪ ???? = Diketahui ???? = {5,6,7,8,9}???? = {7,8,9,10,11,12} ???? ∪ ???? = {5,6,7,8,9,10,11,12}

2.
 Diketahui himpunan semesta S adalah himpunan bilangan cacah yangkurang dari 20. A adalah himpunan bilangan prima antara 3 dan 20. Badalah himpunan bilangan asli antara 2 dan 15. Komplemen dari ???? ∪ ????adalah … ???? = {0,1,2,3, … ,18,19} ???? = {5,7,11,13,17,19} ???? = {3,4,5,6, … ,13,14} Maka ???? ∪ ???? = {3,4,5, … ,13,14,17,19} (???? ∪ ????)???? = {0,1,2,15,16,18}

3.
 Himpunan bilangan bulat dikatakan tertutup terhadap operasipenjumlahan jika hasil penjumlahan dua bilangan bulat adalah bilanganbulat. Himpunan bilangan bulat dikatakan tidak tertutup terhadap operasipembagian karena ada hasil bagi dari sepasang bilangan bulat yang bukan bilangan bulat.

Jika A = {0,2,4,6,....} adalah himpunan bulat positif genap,maka pernyataan berikut yang benar adalah …
a) Himpunan A tertutup terhadap operasi perkalian saja
b) Himpunan A tertutup terhadap operasi penjumlahan saja
c) Himpunan A tertutup terhadap operasi penjumlahan danperkalian
d) Himpunan A tertutup terhadap operasi penjumlahan danpengurangan

Diketahui - Himpunan bilangan bulat dikatakan tertutup terhadap operasipenjumlahan jika hasil penjumlahan dua bilangan bulat adalah bilanganbulat.- Himpunan bilangan bulat dikatakan tidak tertutup terhadap operasipembagian karena ada hasil bagi dari sepasang bilangan bulat yang bukan bilangan bulat.

Jadi, pernyataan yang paling benar adalah Himpunan A tertutup terhadapoperasi penjumlahan dan perkalian.

Modul Soal (Persamaan dan Pertidaksamaan)

1. Umur ayah 4 tahun yang lalu adalah 2/3 kali umur ayah pada c tahun yangakan datang, (c adalah bilangan bulat positif). Sekarang, umur ayah adalah27 tahun lebihnya dari 1/5 umurnya pada 7 tahun yang lalu. Tentukan nilai c...

Misalkan umur ayah sekarang adalah x tahun. Berdasarkan informasi masalah di atas, dapat dituliskan ???? − 4 =2/3(???? + ????) → ???? = 2???? + 12 ???? =1/5(???? − 7) + 27 → 4???? − 128 = 0 → ???? = 32

Substitusikan ???? = 32 ???????? ???? = 2???? + 12 diperoleh 32 = 2???? + 12 atau???? = 10 Jadi, umur ayah saat ini adalah 32 tahun.

Baca juga: Link Download Novel Santri Pilihan Bunda PDF, Unduh Lengkap Bahasa Indonesia

Modul Soal (Kombinatorika, Peluang, dan Statistik)

1. Di atas meja terdapat dua set kartu. Setiap set kartu terdiri atas 52 lembardengan empat warna berbeda (merah, kuning, hijau, dan biru). Masingmasing warna terdiri atas 13 kartu bernomor 1 sampai dengan 13.

Satu kartu akan diambil secara acak dari dua set kartu tersebut. Peluangterambil kartu berwarna merah atau bernomor 13 adalah ....

Menurut informasi pada soal bahwa Setiap set kartu terdiri atas 52 lembar dengan empat warna berbeda (merah, kuning, hijau, dan biru). Masingmasing warna terdiri atas 13 kartu bernomor 1 sampai dengan 13, makabanyak masing-masing kartu ada 26 dan total semua kartu sebanyak 104. Banyak kartu berwarna merah ada 26, maka peluang terambil kartuberwarna merah =26/104.

Banyak kartu bernomor 13 ada 8 – 2 = 6, maka peluang terambil kartubernomor 13 =6/104
Dengan demikian, peluang terambil kartu berwarna merah atau bernomor13 = 26/104 +6/104 =8/26
Jadi, Peluang terambil kartu berwarna merah atau bernomor 13 adalah 826.

Sumber:

UPDATE TERBARU